SMK PP Negeri Sembawa Fasilitasi Bimtek (KSTM) Kabupaten OKI

Kementerian Pertanian melaksanakan program program Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM).

SMK PP Negeri Sembawa Fasilitasi Bimtek (KSTM) Kabupaten OKI
ALAN/TRIBUNSUMSEL.COM
Bimtek - Pelaksanaan Bimtek di Ponpes Nurul Hidayah dibawah pimpinan KH. Muksin Lempuing Kab. OKI Provinsi Sumsel, Jumat (5/4/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Sebagai salah-satu tugasnya menangani sumberdaya alam dan sumberdaya manusia, Kementerian Pertanian melaksanakan program program Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM).

Program KSTM menyasar pada para santri yang ada di pondok pesantren yang memenuhi persyaratan. Setiap peserta dari program KSTM mendapat bantuan ayam buras satu paket dengan tujuan agar para santri dapat berwirausaha disamping dalam proses menuntut ilmu agama.

Bagi peserta yang terpilih dalam program tersebut dibekali Bimbingan Teknis (Bimtek) sebagai bekal bagi para santri yang belum paham tentang Budidaya Ayam Buras. Kesempatan kali ini Bimtek Peningkatan Kompetensi KSTM dilaksanakan pada tanggal 4-5 April 2019 di Ponpes Nurul Hidayah dibawah pimpinan KH. Muksin Lempuing Kab. OKI Provinsi Sumsel.

Kegiatan Bimtek diikuti sebanyak 11 KSTM dengan jumlah 110 peserta yang merupakan hasil kerjasama panitia dari SMK PP Negeri Sembawa dengan tuan rumah Ponpes Nurul Hidayah serta kerja sama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI, sebagai penyedia lokasi.

"Kegiatan Bimtek KSTM diikuti oleh 110 peserta yang tak lain santri-santri di pondok pesantren," terang Mattobi'i Kepala Sekolah SMK PP Negeri Sembawa, Sabtu (6/4/2019).

Materi Bimtek yaitu Perkandangan, Managemen Pakan, Pengakit, vaksinasi, panen dan penanganan limbah. Selain teori materi yang disampaikan juga praktik.

Materi hasil bimtek diharapkan dapat menjadi bekal para santri ketika melakukan budidaya ayam buras. Semoga para santri akan serius dalam mengelolanya, sehingga tingkat perekonomian di ponpes menjadi meningkat.

Sebagai negara yang besar, mulai dari sumber daya manusia, sumberdaya alam baik yang bisa diperbaharui maupun yang tidak bisa diperbaharui.

Maka dari itu Lembaga kementerian yang menangani sumberdaya dari berbagai bidang dengan tujuan menjaga dan melestarikan, meningkatkan bahkan mengeksplor ke mancanegara.

Bimtek - Pelaksanaan Bimtek di Ponpes Nurul Hidayah dibawah pimpinan KH. Muksin Lempuing Kab. OKI Provinsi Sumsel, Jumat (5/4/2019).

Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved