Berita Palembang

152 Siswa SDK Frater Xaverius 2 Palembang Mengikuti Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa)

152 siswa kelas 5 SDK Frater Xaverius 2 Palembang berbaris rapi di lapangan sekolah mengikuti apel sebelum memulai kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu

152 Siswa SDK Frater Xaverius 2 Palembang Mengikuti Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa)
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Siswa kelas 5 SDK Frater Xaverius 2 Palembang di lapangan sekolah memulai kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-152 siswa kelas 5 SDK Frater Xaverius 2 Palembang berbaris rapi di lapangan sekolah mengikuti apel sebelum memulai kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa).

Ketua Tim Kerja Kepramukaan (TKK) Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Palembang, Petrus Widodo, Jumat (22/3/2019) mengatakan, kegiatan Perjusa ini merupakan kegiatan tahunan dan pihaknya juga akan mengisi materi pada saat malam harinya.

"Salah satu materi dari TKK, mengajak anak-anak untuk selalu memelihara alam, beranjak dari keprihatinan kami soal lingkungan khususnya sampah-sampah plastik yang sudah sangat memprihatinkan," jelasnya.

Pihaknya juga ingin anak-anak tahu menjaga kebersihan itu tidak hanya melalui gerakan pramuka saja tapi bisa darimana saja.

"Kami juga akan memperlihatkan video mengenai dampak negatif dari sampah plastik, dari menonton video ini kami juga mengajak anak-anak agar lebih peduli dan tidak membuang sampah plastik," katanya.

"Dan mengajak anak-anak untuk menggerakan BBM atau bawa botol minum, dari gerakan ini kan dimaksudkan agar anak-anak bawa botol minum sendiri dan dari sekolah menyiapkan air putih untuk mereka isi ulang."

Ketua Pelaksana Perjusa SDK Frater Xaverius 2 Palembang, Tuti Windarti mengatakan, perjusa ini diadakan selama 2 hari, Jumat dan Sabtu dan merupakan kegiatan rutin tahunan untuk membentuk karakter anak.

"Di kegiatan Perjusa gerakan pramuka gugus depan 02.027-02.028 pangkalan SDK Frater Xaverius 2 Palembang ini 152 anak dibagi menjadi beberapa kelompok terdiri dari 67 putra dengan 8 regu, dan 85 putri dengan 11 regu serta 38 kakak pendamping," katanya.

Selama dua hari di Perjusa, anak-anak akan diajarkan gerakan semaphore, sandi dan tanda jejak, belajar mengenai kuliner sumsel, belajar mengenai simpul dan tali, dragbar (membuat tandu), lagu dan yel-yel, permainan irigasi dan permainan bola.

"Malam harinya (Jumat malam) ada api unggun juga selain itu ada renungan dan materi yang diberikan oleh TKK Majelis Pendidikan Katolik Keuskupan Agung Palembang.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved