Laris Manis di Dunia Kerja, Jurusan Seni Murni & Kriya di SMKN 7 Palembang Justru Sepi Peminat

SMKN 7 Palembang yang saat ini terkenal sebagai sekolah yang satu-satunya di Sumatera Selatan memiliki jurusan yang sepi peminat

Laris Manis di Dunia Kerja, Jurusan Seni Murni & Kriya di SMKN 7 Palembang Justru Sepi Peminat
MELISA/TRIBUNSUMSEL.COM
Kepala SMKN 7 Palembang saat menemani asisten 1 setda pemprov Sumsel, Akhmad Najib melihat-lihat hasil seni lukis anak didiknya pada saat Gebyar seni waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -  SMKN 7 Palembang yang saat ini terkenal sebagai sekolah yang satu-satunya di Sumatera Selatan memiliki jurusan seni dan industri kreatif ini mengakui peminat jurusan seni apalagi seni murni, seperti seni lukis dan kriya masih sangat sedikit sekali di Palembang.

"Terbukti dengan jumlah murid di SMKN 7 Palembang yang mengambil jurusan seni murni dan kriya sedikit, untuk kelas XII saja ada 12 anak jurusan seni lukis dan 12 anak untuk jurusan kriya," katanya saat dibincangi Tribunsumsel.com, Sabtu (16/3/2019).

Dia juga mengatakan padahal jurusan seni lukis dan kriya ini sangat dibutuhkan di dunia pekerjaan dan sangat menjanjikan. "Seni dan industri kreatif ini kan di bidang pekerjaan sangat menjanjikan terutama kriya kayu," katanya.

"Kriya kayu itu kan sangat dibutuhkan untuk mendesain interior, mengukir jati terutama mengisi sektor funiture dan lainnya. Jurusan ini justru kadang anemo pekerjaannya banyak tapi peminat untuk masuk di jurusan ini sangat kurang makanya saya sebut jurusan yang laris manis di dunia kerja tapi justru tidak laku karena kurang peminatnya," kata pria lulusan ITB ini.

Walaupun begitu, Suparman tak menyerah untuk terus membuka jurusan seni dan industri ini. "Mindsetnya kadang orangtua atau bahkan anaknya sendiri mikir, seolah olah kalau ambil jurusan kriya bakal jadi tukang bangunan, padahal kan ya gak," katanya.

"Jangan sampai SMK ini menyumbang pengangguran, kita juga harus lihat antara suplai dan demand, kebutuhan dengan memproduksinya. Takutnya terlalu banyak tamatan SMK yang dunia kerjanya sempit sementara setelah tamat jadi pengangguran," ujarnya.

Maka dari itu pihaknya tetap melakukan sosialisasi dan sempat mengadakan gebyar seni mengundang murid-murid SMP yang memang berminat dengan seni, kalau di SMKN 7 ini punya jurusan seni dan industri dulu ada di Kayuagung sekarang cuma ada di SMKN 7.

Sementara itu, SMKN 7 Palembang memiliki 8 jurusan, yakni dibagi 2 kelompok, kelompok pertama, seni dan industri kreatif dengan program studi; kriya logam, kriya kayu, seni rupa, desain komunikasi visual, dan tekstil

Kelompok kedua ada, teknologi dan rekayasa dengan program studi; teknik permesinan, teknik kendarana ringan, dan teknik bisnis sepeda motor. (Elm)

Caption foto: Kepala SMKN 7 Palembang (yang pakai kacamata) saat menemani asisten 1 setda pemprov Sumsel, Akhmad Najib melihat-lihat hasil seni lukis anak didiknya pada saat Gebyar seni waktu lalu. (Foto dokumen: Melisa)
Area lampiran

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved