Chef Bogasari Bagikan Tips Membuat Donat Lembut dan Mulus, Kuncinya Teknik Menuangkan Air

Head of Bogasari Baking Centre Palembang, JM Qayyuum memberikan tips bagaimana membuat donat lembut dan mulus.

Chef Bogasari Bagikan Tips Membuat Donat Lembut dan Mulus, Kuncinya Teknik Menuangkan Air
HARTATI/TRIBUNSUMSEL.COM
Head of Bogasari Baking Centre Palembang, JM Qayyuum menjelaskan cara membuat cake puding dalam workshop tentang UKM yang akan digelar Tribun Sumsel dan Sriwijaya Post di kampus Universitas Islam Raden (UIN) Raden Fatah, Sabtu (16/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Hartati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Head of Bogasari Baking Centre Palembang, JM Qayyuum memberikan tips bagaimana membuat donat lembut dan mulus.

Hal ini dibagikannya karena banyak peserta workshop UKM Sripo dan Tribun Sumsel yang bertanya karena kerap membuat donat tapi tidak sesuai ekspektasi.

Mulai dari teksturnya keras atau terlalu lembut atau juga tampilannya keriput tidak bulat mulus.

Dikatakan Qayyuum untuk membuat donat bagus mulai dari adonannya.
Jangan terlalu keras dan juga terlalu lembut atau harus pas. Jika takut adonan terlalu lembek maka tambah airnya sedikit demi sedikit jangan langsung banyak.

Adonan donat yang pas dikatakannya sedikit lebih keras dari adonan roti manis. Jika adonan donat terlalu lembut akan membuat cap tangan pada donat karena donat itu prosesnya berulang kali dikembangkan dan kembali dibentuk juga akan dipegang saat akan digoreng sehingga jika terlalu lembut membuat teksturnya lembek saat dipegang akan digoreng.

"Berbeda dengan roti manis karena roti manis langsung dimasukkan dalam loyang dipanggang tidak lagi dipegang setelah dibentuk sehingga jika lembut tidak masalah," jelasnya, Sabtu (16/3/2019).

Saat digoreng pun donat jangan sering dibalik sebab jika sering dibalik akan membuat tekstur donat tidak bagus bisa mengkerut ataupun sobek. Oleh sebab itu cukup dibalik sekali saja saat warnanya sudah berubah kuning kecoklatan dan dibalik ke sisi lainnya.

Penulis: Hartati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved