Ceramah Ustadz Abdul Somad tentang Kebahagiaan, Inilah Manusia yang Paling Bahagia

Ceramah Ustadz Abdul Somad tentang Hadis Rasulullah yang mengungkap Manusia yang Paling Bahagia

PALEMBANG, TRIBUNSUMSEL.COM - Ceramah Ustadz Abdul Somad, Lc. MA tentang hadis Rasulullah yang menjelaskan manusia yang paling Bahagia  dipublikasikan tanggal 7 Sep 2016

Ustadz Abdul Somad, Lc. MA memaparkan ciri manusia bahagia berdasarkan hadis sahih riwayat Ahmad, diriwayatkan sabahat Nafi ibn Abdul Harist

Rasul SAW bersabda, bagian dari beberapa hal:

Kebahagian manusia adalah menyenangkan hati orang lain.

Bahagia bisa dilakukan dengan memberi makanan, atau dengan cakap lembut yang menyenangkan hati.
Cakap lembut lebih baik daripada sedekah. tak sanggup memberi, cakap lembut jadilah.

Bercakaplah membesarkan hati, misalnya kalau kawan hilang helm tak apa, kemarin ada yang hilang motor, tapi tetap pergi ke pengajian.

Mereka yang paling bahagia adalah mereka banyak bersyukur.
Mengisi hari-hari dengan ibadah. Dua rakaat sebelum subuh lebih baik dari seluruh dunia. Andai mereka tau pahala solat subuh berjamaah, kalian akan meranggak

Mereka yang bahagia adalah mereka yang berada di tengah-tengah orang soleh. Alhamdulillah kalau kita dijumpakan dengan kawan yang soleh. Orang-orang baik di sekeliling kita tak akan mencelakai kita, karena tak ada yang bisa mengerti kita selain sahabat kita.

Orang yang bahagia adalah orang yang punya tunggangan nyaman yang mengantarkan kita ke tempat yang baik. Bawalah ke Madinah, ke tempat bersejarah. agar kita tahu bagaimana akhir hidup orang yang mendustakan agama Allah. Melihat jasad Firaun di kotak kaca yang dulu berkuasa dan membantai anak-anak.

Rumah yang Lapang yang memberi ketenangan.

Arti hadis ini orang yang memiliki hati yang lapang. Kalau tak tahu Rumah Nabi Muhammad, lihatlah kubur nabi. itulah rumah nabi. Waktu tegak, terpegang langit-langit rumah nabi.

Waktu dibuatkan replika rumah nabi, banyak yang menangis melihat tempat air minum nabi yang sangat sederhana. betapa kami sudah hanyut pada duniawi.

Penulis: Erwanto
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved