Berita Palembang

Aturan Penerimaan Siswa Baru SMP Negeri Palembang, PPDB 2019 Alokasi Sistem Zonasi 40 Persen

Kuota zonasi hanya 40 persen, setelah zonasi 50 persennya akan diadakan tes kompetisi bagi anak-anak yang ingin masuk sekolah negeri

Aturan Penerimaan Siswa Baru SMP Negeri Palembang, PPDB 2019 Alokasi Sistem Zonasi 40 Persen
Tribun Sumsel/ Melisa Wulandari
Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang mengadakan pertemuan dengan seluruh Kepala SMP Negeri di Palembang membahas Peserta Didik Baru 2019, tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Kamis (14/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang mengadakan pertemuan dengan seluruh Kepala SMP Negeri di Palembang membahas Peserta Didik Baru 2019, tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto mengatakan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 tetap mengikuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) yaitu dengan sistem zonasi.

"Untuk PPDB tingkat SMP 2019 ini kami tetap pakai sistem zonasi namun tidak bisa 100 persen, mengingat daya tampung dan rasionya tidak pas," ujarnya sebelum rapat bersama seluruh Kepala SMP Negeri kota Palembang, Kamis (14/3/2019)

Dia juga mengatakan, kuota zonasi hanya 40 persen, setelah zonasi 50 persennya akan diadakan tes kompetisi bagi anak-anak yang ingin masuk sekolah negeri.

Chelsea Islan Sudah Temukan Pengganti Daffa Wardhana, Putra Marini Zumarnis, Foto Ini Jadi Bukti

Fakta Persidangan Korupsi Jalan Akses Atung Bungsu, M Teguh Daftarkan 3 Perusahaannya Ikut Lelang

5 persen untuk siswa yang berprestasi, dan 5 persen lagi bagi anak yang orangtuanya dipindah tugaskan.

"Jadi bagi calon siswa yang rumahnya dekat dengan sekolah, ya mereka harus daftar di sekolah tersebut dan sekolah pun harus menerimanya. Adanya sistem zonasi ini kan sangat membantu juga untuk anak-anak yang kurang mampu," ujarnya.

Sementara itu, untuk mengetahui jarak antara rumah dan sekolah, pihaknya telah bekerjasama dengan Telkom.

"Nanti kami akan ambil data dari sekolah sebelumnya (SD) untuk mengetahui jarak antara sekolah dan rumah. Dan pihak Telkom yang akan mengecek lokasi antara rumah calon siswa ke sekolah terdekat rumahnya," jelasnya.

Kantor Baru Ombudsman Perwakilan Sumsel di Palembang Diresmikan, Waktu Layanan Pukul 08.30-17.00

Perpani Sumsel Gelar Pelatihan Pelatih dan Wasit, Menuju Panahan Sumsel Bangkit

"Maka dari itu dengan diadakannya rapat seperti ini agar para kepala sekolah bisa menyampaikan kepada masyarakat. Kami juga akan agendakan untuk mensosialisasikan PPDB zonasi dengan para lurah di kota Palembang, sehingga masyarakat yang belum mengerti bisa segera paham," tutupnya. 

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved