Industri Kecil Menengah (IKM) Sumsel Serap 216.824 Tenaga Kerja

Sektor IKM ini berperan penting sebagai penggerak perekonomian regional dan nasional yang lebih tahan terhadap guncangan perekonomian global

Industri Kecil Menengah (IKM) Sumsel Serap 216.824 Tenaga Kerja
Tribun Sumsel/ Linda Trisnawati
Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel Ernila Rizar foto bersama para peserta diklat menyulam di Auditorium Graha Bina Praja, Selasa (12/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dinas Perindustrian Sumsel memberikan pendidikan dan pelatihan (Diklat) menyulam dan pemberian bantuan keramik bagi industri kecil dan menengah (IKM).

Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Sumsel Ernila Rizar mengatakan, sektor IKM ini berperan penting sebagai penggerak perekonomian regional dan nasional yang lebih tahan terhadap guncangan perekonomian global.

"Untuk itu agar IKM mampu bersaing menghadapai era globalisasi maka harus diarahkan agar menghasilkan barang/produk berciri khas budaya lokal, dengan berbasis kreativitas yang berbeda dengan produk dari negara lain," ujarnya saat di Auditorium Graha Bina Praja, Selasa (12/3/2019).

Harga Emas Hari Ini, 11 Maret 2019 Melonjak Lagi Rp 665.000 Per Gram, Cek Daftar Rinciannya Disini

Bukan Untuk Pevita Pearce, Ariel Noah Nyanyikan Lagu Kisah Romantis, Maia Estianty Dibuat Baper

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa untuk keterampilan menyulam diberikan oleh Balai Diklat Industri Padang Kementrian Perindustrian selama 18 hari di Dekranasda Provinsi Sumsel.

Kegiatan diikuti 70 IKM bidang sandang, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan masyarakat industri kerajinan bordir dan fasyen yang siap pakai.

Lalu untuk pemberian bantuan keramik diberikan oleh PT Arwana Anugerah Keramik, Tbk yang telah melaksanakan kerjasama "Program Dapur Bersih" untuk 100 IKM bidang pangan.

Dengan bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu makanan dan minuman melalui perbaikan sanitasi dan higienitas di dapur sebagai ruang produksi.

Download Lagu Barat Hits 2019, Gudang Lagu MP3, Ed Sheeran, Maroon 5, Bruno Mars, Charlie Puth.

Sinopsis Sinetron Cinta Suci 12 Maret 2019, Suci Diusir Siska, Roni Hilang Suci Diculik?

"Kepada peserta diklat menyulam saya mengharapkan agar pengetahuan yang sudah didapatkan saat diklat ini bisa dikembangkan, supaya tujuan untuk menjadi wirausahawan dapat terwujud," ungkapnya.

Kemudian kepada Dinas Perindustrian dan OPD terkait pembinaan jangan bersifat hit and run, jadi harus didampingi dan lanjut ke pembinaan lainnya seperti manajemen usaha, diklat teknis lanjutan maupun promosi serta akses permodalan dan lain-lain.

Ia pun menambahkan, bahwa hingga tahun 2018 jumlah IKM yang ada di Sumsel mencapai 65.682 unit usaha dan dapat menyerap tenaga kerja dengan total 216.824 orang.

IKM diharapkan dapat menjadi kekuatan untuk terus memberikan kontribusi kepada negara dan daerah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi.

Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved