Video

Video : Saat Nyepi Umat Hindu Harus Intropeksi Diri Baik Dirumah Maupun di Pura

Seluruh umat Hindu hari ini merayakan Hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941.Dari pantauan Tribunsumsel.com di Pura Agung Sriwijaya

TRIBUNSUMSEL.COM.PALEMBANG- Seluruh umat Hindu hari ini merayakan Hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1941.Dari pantauan Tribunsumsel.com di Pura Agung Sriwijaya yang terletak di jalan seduduk putih Palembang nampak terlihat sepi, Kamis (7/3/2019).

Nyaris tak terlihat aktivitas dari umat hindu yang ada disini.Beberapa remaja hanya terlihat sedang berkumpul didalam Pura.

Didalam Pura, para umat Hindu ini hanya duduk sambil mengobrol dengan suara kecil. Ada juga yang sedang tidur-tiduran, ada juga yang membaca buku dan lain sebagainya.

Terlihat juga penjagaan ketat dari pihak kepolisian disekitar lokasi.

Bagus, salah satu umat Hindu mengatakan dalam perayaan nyepi ini, tak ada kegiatan apapun.

"Kita tak ada kegiatan apa-apa mba. Disini cuma duduk-duduk saja, tidur sampai seharian," ujarnya.

"Gak boleh pegang hp, gak boleh keluar. Bahkan gak boleh makan selama 24 jam. Jadi dari sejak jam 5 subuh tadi kita puasa dan boleh makan sampai jam 5 subuh nanti," beber dia.

Ketut Armawan, Wakil Bidang Agama PHDI Kota Palembang mengatakan makna nyepi sendiri sebagai intropreksi diri kepada yang maha kuasa.Dimana apa yang telah dilakukan selama satu tahun ini.

Dalam perayaan Nyepi, umat Hindu melakukan catur brata penyepian. Catur artinya empat dan brata artinya pengekangan diri.

"Jadi catur brata penyepian yakni empat pengekangan diri untuk melakukan keheningan," jelasnya.

Catur brata yakni Amati Karya yakni maksudnya tak boleh melakukan pekerjaan sehari- hari seperti ke kantor, berjualan, berkebun, bertani dan lain sebagainya.

Kedua amati Agni yakni menghentikan kegiatan yang berhubungan dengan api yakni memasak, menghidupkan lilin, merokok, menyalakan lampu dan lain sebagainya.

Ketiga yakni Amati Lelungan yakni dilarang berpergian keluar rumah. Dan keempat Amati Lelangon yakni menghentikan kegiatan untuk kesenangan duniawi seperti pesta, senang-senang dan lain sebagainya.

"Jadi saat Nyepi umat Hindu benar-benar harus intropeksi diri baik dirumah maupun di Pura," beber dia.

Penulis: Sri Hidayatun
Editor: Abriansyah Liberto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved