Tempat Wisata Sumsel

Selain Keindahan Pasir Putih, Pulau Maspari Ternyata Surganya Kawanan Penyu Sisik dan Penyu Hijau

Maspari ternyata merupakan pulau favorit bagi kawanan penyu bersisik (Eretmochelys Imbricata) dan penyu hijau (Chelonia Mydas) sebagai tempat bertelur

Selain Keindahan Pasir Putih, Pulau Maspari Ternyata Surganya Kawanan Penyu Sisik dan Penyu Hijau
Humas Pemprov Sumsel
Maspari ternyata merupakan pulau favorit bagi kawanan penyu bersisik (Eretmochelys Imbricata) dan penyu hijau (Chelonia Mydas) sebagai tempat bertelur. 

TRIBUNSUMSEL.COM, OKI-Pulau Maspari, demikian orang-orang menyebut pulau yang berada di ujung Timur Provinsi Sumsel tersebut.

Pulau yang terletak di Desa Sungai Lumpur, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ini mulanya terkenal karena memiliki pantai dengan pasir putih yang indah.

Tak banyak yang tahu bahwa Maspari juga memiliki keistimewaan lain yang tak kalah menarik.

Ya, Maspari ternyata merupakan pulau favorit bagi kawanan penyu bersisik (Eretmochelys Imbricata) dan penyu hijau (Chelonia Mydas) sebagai tempat bertelur.

Menginap di Maspari, Wagub Mawardi-Kapolda Sumsel Bangun Pos Terpadu, Destinasi Wisata Baru Sumsel

Kelola Pulau Maspari, Wagub Sumsel Studi Banding ke Kota Batam

Momen ini tentu saja tak disia-siakan oleh rombongan Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya saat sempat berkunjung ke Maspari pada Senin 25 Januari lalu.

Demi melihat langsung bagaimana penyu-penyu ini bertelur, orang nomor dua di Sumsel itu beserta rombongan rela menginap, keluar tenda dan menunggu di bibir pantai hingga dini hari.

Meski tak tidur semalaman, rasa lelah mereka langsung terbayar setelah menyaksikan langsung bagaimana keunikan penyu ini bertelur di tengah kegelapan malam.

Destinasi Wisata Pagaralam Layak Jual, Gubernur Herman Deru Ingatkan Jangan Pelit Promosi

6 Lokasi Wisata di Jakabaring Sport City (JSC), Cocok Bersama Orang Tersayang atau Kumpul Keluarga

Ketua Tim Ekspedisi Ceng Ho, Agus Sunyoto yang ikut ambil bagian saat itu mengungkapkan sebenarnya tidak semua pantai disukai penyu.

Karena itu pasti ada alasan khusus penyu-penyu tersebut mau datang jauh-jauh ke Maspari setelah mengembara kesana kemari.

"Selain karena mereka dahulunya dilahirkan di sana (Maspari), biasanya kalau penyu tertarik datang ke suatu pulau itu bisa menjadi indikator bahwa pulau tersebut sehat (tersedia sumber makanan dan terumbu karang yang sehat)," jelasnya.

Halaman
1234
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved