Berita Muara Enim

3 Menteri Hadiri Pencanangan Hilirisasi Batubara, PT Bukit Asam Bangun 4 Pabrik Gasifikasi Batubara

Melalui teknologi gasifikasi, batubara kalori rendah akan diubah menjadi produk akhir yang bernilai tinggi

3 Menteri Hadiri Pencanangan Hilirisasi Batubara, PT Bukit Asam Bangun 4 Pabrik Gasifikasi Batubara
Tribun Sumsel/ Ika Anggraeni
Pencanangan industri hilirisasi batubara tersebut ditandai dengan penekanan tombol oleh Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Ika Anggraeni

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARAENIM-Tiga menteri canangkan Industri Hilirisasi Batubara PT Bukit Asam Tbk di kawasan Proyek PLTU Sumsel 8 di Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muaraenim, Minggu, (3/3/2019).

Pencanangan industri hilirisasi batubara tersebut ditandai dengan penekanan tombol oleh Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin, Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri ESDM Ignasius Jonan, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Hadir pula dalam kesempatan itu Jajaran Direksi dan komisaris PTBA, Bupati Muaraenim, Ir H Ahmad Yani, Wabup, H Juarsah dan Dirut PT Inalum, Dirut PT Pertamina, Dirut PT Pupuk Sriwijaya, dan tamu undangan lainnya.

PGN Layani 12 Ribu Lebih Pelanggan Rumah Tangga di Palembang, Salurkan Total 7,4 Juta Meter Kubik

Alokasi Pupuk Bersubsidi PT Pusri Dipangkas 15 Persen Mulai Tahun 2019

Dirut PTBA, Arvian Arifin dalam sambutannya mengatakan, pencanangan pabrik hilirisasi batubara ini merupakan kelanjutan dari Head of Agreementb Hilirisasi Batubara yang telah ditandatangani oleh PTBA, Pertamina, Pupuk Indonesia, dan Chandra Asri Petrochemicals pada 8 Desember 2017 lalu di Jakarta.

" Melalui teknologi gasifikasi, batubara kalori rendah akan diubah menjadi produk akhir yang bernilai tinggi. Teknologi ini akan mengonversi batu bara muda menjadi syngas untuk kemudian diproses menjadi Dimethyl Ether(DME)sebagai substitusi LPG, urea sebagai pupuk, dan polypropylene sebagai bahan baku plastik, "jelasnya.

Ia juga mengatakan dengan ini tentu akan menciptakan nilai tambah, mentransformasi batubara menjadi ke arah hilir dengan teknologi gasifikasi, dengan menciptakan produk akhir yang memiliki kesempatan nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan sekadar produk batubara.

Tanjung Enim Menuju Kota Wisata, PTBA Bangun Museum Sriwijaya, Pedestrian dan Bandara

Gubernur Herman Deru Dorong Percepatan Hilirisasi Batubara di KEK PTBA

"Nantinya, di kawasan Bukit Asam Coal Based Special Economic Zone (BACBSEZ) akan dibangun empat komplek pabrik untuk mendukung proyek hilirisasi meliputi komplek pabrik coal to syngas, komplek pabrik syngas to urea, komplek pabrik syngas to DME, dan komplek pabrik syngas to polypropylene, "katanya.

Ia juga mengatakan Pabrik gasifikasi batubara ini direncanakan mulai beroperasi pada November 2022 dan diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan pasar sebesar 500 ribu ton urea per tahun, 400 ribu ton DME per tahun, dan 450 ribu ton polypropylene per tahun.

"Dengan target kebutuhan tersebut, diperkirakan membutuhkan batubara sebagai bahan baku sebanyak 5,2 juta ton per tahun, dan untuk kebutuhan listrik 1 juta ton sehingga total batubara sebesar 6,2 juta ton per tahun dialokasikan untuk proyek ini, "jelasnya.

Pantauan dilapangan dalam kegiatan pencanangan tersebut PTBA melalui CSR juga memberikan bantuan berupa program elektrifikasi untuk 583 keluarga tidak mampu atau yang belum memiliki listrik di kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Agung, dan Muara Enim.

Cukong Kaya Raya Pekerja Bertaruh Nyawa, Investigasi Tambang Batubara Rakyat

Walikota Prabumulih Ridho Yahya Berharap Rest Area Tol Indralaya-Muaraenim Dikelola Daerah

Bantuan program BPJS untuk 8.000 keluarga yang berada di kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Agung, dan Muara Enim.

Kemudian bantuan berupa beasiswa pendidikan Ayo Sekolah untuk 5.000 siswa tingkat SD dan SMP, serta Beasiswa Pendidikan Siswa Sekitar Bukit Asam (Bidiksiba) untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang D3 dan S1 bagi 25 orang.

Bantuan untuk pembangunan SD dan SMP Bukit Asam dan pembangunan Panti Asuhan Al Barokah serta bantuan berupa mobil pemadam kebakaran dan mobil rescue kepada Pemkab Muara Enim.

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved