Dekatkan Layanan, Pemprov Sumsel Bakal Bangun Rumah Sakit Rujukan Zona Tipe B di Lubuklinggau

untuk mendekatkan layanan bagi pasien dari Empat Lawang, Lahat, Pagar Alam. Mura dan Muratara. Yang selama ini harus merujuk ke kota Palembang

Dekatkan Layanan, Pemprov Sumsel Bakal Bangun Rumah Sakit Rujukan Zona Tipe B di Lubuklinggau
Humas Pemprov Sumsel
Gubernur Sumsel Herman Deru ketika menyampaikan sambutan dalam sinkronisasi program Pemerintah Provinsi Sumsel dengan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang di pendopoan rumah dinas Bupati Empat Lawang, Jumat (22/2/2019) pagi. 

TRIBUNSUMSEL.COM,  EMPAT LAWANG-Gubernur Sumsel Herman Deru mengharapkan kabupaten dan kota di Sumatera Selatan yang belum mencapai Universal Helath Coverage(UHC) supaya memberikan jaminan semua orang mempunyai akses pada layanan kesehatan yang efektif tanpa menimbulkan kesulitan bagi penggunanya.

Harapan tersebut diungkapkan langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru ketika menyampaikan sambutan dalam sinkronisasi program Pemerintah Provinsi Sumsel dengan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang di pendopoan rumah dinas Bupati Empat Lawang, Jumat (22/2/2019).

"Di Sumsel sudah ada menerima diantaranya yang telah mencapai Universal Helath Coverage(UHC) ini. Untuk Empat Lawang segera kejar capaian UHC," harap Herman Deru.

Kepala Labfor Palembang Sebut Bukti yang Dikumpulkan Tak Ada Mengarah Kasus Pemerkosaan Bidan YL

Mengenal Adistya Wicaksana, Pemain Muda Sriwijaya FC Pencetak Gol ke Gawang Madura United

Lebih lanjut Herman Deru menambahkan, UHC merupakan jaminan bagi warga negara memiliki akses ke pusat layanan kesehatan baik dalam bentuk, preventiv, kuratif dan rehabilitatif dengan mutu yang memadai sehingga berjalan dengan efektif.

Dengan jaminan layanan tersebut tidak menimbulkan beban secara finansial bagi si penggunanya.

"UHC bukan hannya itu saja namun juga terkait dengan peningkatan layanan kesehatan. Pelaksanaan program UHC ini akan berdampak pada perubahan pembayaran layanan kesehatan pada pasien di rumah sakit dan menggunakan kartu BPJS," lanjut Herman Deru.

Gubenur menjelaskan, Pemprov Sumsel sesuai dengan perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang jaminan kesehatan, telah berupaya mengikutsertakan sebanyak banyaknya masyarakat Sumsel dalm program Jamininan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS.

600 Pelajar Akan Berkompetisi di Gramedia Science Olympic 2019, Buktikan Bahwa Sains itu Mudah

Penemuan Cadangan Gas Besar di Saka Kemang Bayung Lencir, Apa Dampak untuk Masyarakat ?

"Upaya tersebut dilakukan dengan meminta Pemerintah Kabupaten/Kota untuk dapat memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh warganya dan mendorong kelompok masyarakat tertentu yang dianggap mampu untuk ikut serta dalam program JKN secara mandiri,” jelas Gubernur.

Mantan Bupati OKU Timur dua Periode ini juga menambahkan, untuk mendekatkan dan meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Empat Lawang dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Sumsel akan membangun rumah sakit pratama.

Dananya berasal dari dana CSR.

Resmi, Chelsea Dihukum FIFA Dengan Larangan Melakukan Aktifitas Transfer, ini Sebabnya

Fakta-fakta Baru Bidan Diperkosa di Ogan Ilir Hasil Penyidikan, Ada Kejanggalan Secara Ilmiah

Bahkan bukan itu saja pada tahun 2020 mendatang Pemprov telah merencanakan akan membangun Rumah Sakit Rujukan Zona Tipe B dengan lokasi di Kota Lubuklinggau.

"Kenapa kita buat Rumah Sakit Rujukan zona. Tidak lain untuk mendekatkan layanan bagi pasien dari Empat Lawang, Lahat, Pagar Alam. Mura dan Muratara. Yang selama ini harus merujuk ke kota Palembang. Nanti kita juga akan koneksikan dengan RS Sobirin Lubuk Linggau," tandas Herman Deru. (rel)

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved