Nam Air dan Sriwijaya Air Kurangi Bagasi Gratis Mulai Maret, Lebih 15 Kilogram Harus Bayar

Sriwijaya air dan Nam Air per 1 Maret akan mengurangi jumlah bagasi gratis penumpangnya untuk semua rute domestik dan internasional.

Nam Air dan Sriwijaya Air Kurangi Bagasi Gratis Mulai Maret, Lebih 15 Kilogram Harus Bayar
Istimewa
Pesawat Sriwijaya Air. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Hartati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sriwijaya air dan Nam Air per 1 Maret akan mengurangi jumlah bagasi gratis penumpangnya untuk semua rute domestik dan internasional.

Kebijakan baru ini diambil sebagai bentuk efisiensi perusahaan terhadap biaya operasional dan juga berkaca dari pengalaman yang ada bahwa jumlah bagasi gratis yang sebelumnya diberlakukan tidak semuanya dimanfaatkan penumpang secara maksimal.

Kebijakan lama penumpang mendapat gratis bagasi 20 kilo untuk semua rute domestik plus tujuh kilo bagasi kabin.

Sementara kebijakan baru untuk rute domestik kelas ekonomi dunurnagi lima kilo menjadi 15 kilo saja.

Rute domestik lainnya juga mendapat jatah pengurangan bagasi gratis yakni menjadi 10 kilo untuk penumpang yang terbang menggunakan pesawat jenis ATR atau baling-baling.

Akhirnya Citilink Tunda Penerapan Bagasi Berbayar, Bagasi Gratis dan Ini Alasannya

Promo Tiket Pesawat Murah 2019, Maskapai Air Asia Promo Dari Bagasi Hingga Pilih Kursi

Sementara itu khusus rute internasional kebijakan baru bagasi gratis bagi penumpang yakni 25 kilo plus bagasi gratis kabin tujuh kilo.

"Rute ATR khusus kawasan timur kalau rute Nam air dan Sriwijaya air dari Palembang semuanya boieng jadi jatah bagasinya 15 kilo," ujar District Manager Sriwijaya Air dan NAM Air Palembang, Darmando Purba, Kamis (21/2/2019).

Bagi penumpang yang akan melakukan penambahan bagasi dikenakan biaya dan disuruh membeli penambahan bagasi. Untuk biayanya berbeda-beda sesuai tujuan kota mana yang akan diterbangi.

Ditambahkan pria yang akrab disapa Nano itu bahwa kebijakan baru ini tidak akan mengurangi jumlah penumpang karena bukan menghapuskan bagasi gratis tapi hanya mengurangi jumlahnya saja.

Selain itu ada juga promo diskon 20 persen pembelian bagasi jika penumpang melakukan pembelian bagasi via website Sriwijaya air dan Nam air. Namun harga berlaku normal jika pembelian bagasi tambahan dilakukan di counter bandara atau tour travel.

Sosialisasi kebijakan penerapan bagasi baru dikatakannya sudah dilakukan dua hingga tiga hari lalu kepada penumpang langsung.

Jadi penumpang yang saat ini berangkat menggunakan Sriwijaya air dan Nam air dari Palembang sudah diberikan sosialiasi bahwa per 1 Maret akan ada kebijakan baru soal besaran bagasi gratis bagi penumpang.

"Dua hari lalu hingga akhir bulan akan terus kita sosialisasikan kebijakan baru ini," tutup Nano.

Penulis: Hartati
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved