Herman Deru Dorong Percepatan Digitalisasi SPBU di Sumsel

Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi upaya digitalisasi SPBU yang dilakukan Pertamina di seluruh Indonesia terutama di Sumsel

Herman Deru Dorong Percepatan Digitalisasi SPBU di Sumsel
Humas Pemprov Sumsel
Herman Deru mendampingi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan pemantauan digitalisasi SPBU di SPBU Coco 21.301.01 Kenten Minggu (17/2/2019) 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Gubernur Sumsel Herman Deru mengapresiasi upaya digitalisasi SPBU yang dilakukan Pertamina di seluruh Indonesia terutama di Sumsel.

Hal itu disampaikannya saat mendampingi Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan pemantauan digitalisasi SPBU di SPBU Coco 21.301.01 Kenten Minggu (17/2/2019) pagi.

"Kita harus sepakat semua ini (SPBU) didigitalisasi agar kelangkaan BBM tidak terjadi. Sebagai kepala daerah saya tentu akan ikut mendorong ini ke semua wilayah di Sumsel," tegas Herman Deru.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan dari 5.850 SPBU semuanya sudah menerapkan digitalisasi ini paling lambat Juni 2019.

Febrita Lustia Deru Kirim Psikolog untuk Korban Kebakaran Panti Asuhan Az Zikri Palembang

Melihat Komunitas Pembuat Game MDP Game Incubator Palembang, Membuat Sampai Memasarkan

Tujuannya jelas untuk menjaga kecukupan stok BBM di setiap SPBU sekaligus mendukung program pengurangan transaksi nontunai.

Dikatakan Nicke untuk sementara ini tercatat baru 350 SPBU yang berhasil didigitalisasi.

"Sampai akhir bulan ia menargetkan ada 1000 SPBU dan 3500 sampai akhir bulan Maret. "Akhir semester ini semua harus selesai," ucapnya.

Nicke menjelaskan, digitalisasi ini penting karena dengan digitalisasi maka semua arus data masuk-keluar BBM di outlet-outlet SPBU seluruh Indonesia terdata secara real time.

Suara Ledakan Keras Terdengar di Area Nobar Capres di Parkir Timur Stadion Gelora Bung Karno

Helvanda Wakil Sumsel di Ajang Putri Indonesia Turunkan Berat Badan 5 Kg Dalam 21 Hari

Digitalisasi ini sendiri dilakuka dengan cara memasang perangkat digital pada kran penyaluran BBM ke kendaraan (nozzle) sehingga jumlah BBM yang terjual dapat tercatat secara akurat.

Data ini akan terhubung ke pusat data Pertamina sehingga SPBU yang sudah minim stoknya akan terpantau secara otomatis.

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno di sela acara menjelaskan bahwa akan ada ribuan nozzel di SPBU yang terpasang digitalisasi. Adanya digitalisasi di nozzel ini akan mengetahui real time penjualan BBM mulai dari Pertamax, Pertalite, Pertadex, dan lainnya.

Tampil Kece jadi Moderator Debat Capres, Ini Profil Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki

Arti Kata Wibu yang Sering Diucapkan Banyak Orang dan Perbedaan Antara Wibu dan Otaku

Dengan digitalisasi ini stok BBM di SPBU secara nasional dapat diketahui secara serentak hingga ke tangki penyimpanan. Hal ini menurutnya akan memudahkan pengambilan keputusan jika stok BBM mulai menipis.

Sebelum memantau digitalisasi di SPBU Coco Kenten, Dirut Pertamina dan Menteri BUMN mengikuti acara Fun Walk dan Semarak Musik Pertamina yang digelar di Bundaran Air Mancur Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Acara ini dihadiri banyak warga tak terkecuali sejumlah Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel. (rel)

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved