Cara Melaporkan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Tempat Tinggal

Kita yang awam ini dapat melaporkan tindak penyalahgunaan narkoba. Tentu sesuai aturan dan perlindungan bagi si pelapor

Cara Melaporkan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Tempat Tinggal
tribunnews.com
Logo BNN 

TRIBUNSUMSEL.COM - Tindakan penyalahgunaan narkoba bisa terjadi di mana saja, termasuk lingkungan tempat tinggal. Bentuk pelanggaran hukum ini bisa dilaporkan kepada pihak berwajib secara langsung.

Ternyata,  kita yang awam ini dapat melaporkan tindak penyalahgunaan narkoba. Tentu sesuai aturan dan perlindungan bagi si pelapor. 

Bila mencurigai dengan bukti jelas bahkan menemukan ada praktik demikian, laporkanlah!

Download (Unduh) MP3 Lagu Dangdut Nella Kharisma Terbaru, Nella Loversku, Kemarin, Hingga 80 Juta

Dilansir dari bnn.go.id, peran serta masyarakat dalam memberantas penyalahgunaan narkoba telah diatur dalam Bab XIII Pasal 104 s.d. Pasal 108 UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika (UU 35/2009).

Disebutkan dalam Pasal 104 UU 35/2009 bahwa:

“Masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika”

Adapun hak masyarakat dalam upaya pemberantasan narkotika di lingkungan sekitarnya meliputi beberapa hal seperti yang dituliskan pada Pasal 106 UU 35/2009 berikut ini:

Mencari, memperoleh, dan memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika;

Memperoleh pelayanan dalam mencari, memperoleh, dan memberikan informasi tentang adanya dugaan telah terjadi tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika kepada penegak hukum atau BNN yang menangani perkara tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika;

Menyampaikan saran dan pendapat secara bertanggung jawab kepada penegak hukum atau BNN yang menangani perkara tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika; PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
Memperoleh jawaban atas pertanyaan tentang laporannya yang diberikan kepada penegak hukum atau BNN;
Memperoleh perlindungan hukum pada saat yang bersangkutan melaksanakan haknya atau diminta hadir dalam proses peradilan.

Halaman
12
Penulis: Lisma
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved