Kobaran Api di Tangki Kilang Pertamina Berhasil Dipadamkan, Kurang dari 5 Menit  

Hanya kurang dari 5 menit, tim pemadam api tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) PT Pertamina RU III, berhasil memadamkan kobaran api

Kobaran Api di Tangki Kilang Pertamina Berhasil Dipadamkan, Kurang dari 5 Menit   
ARIEF BASUKI ROHEKAN/TRIBUNSUMSEL.COM
Simulasi pemadaman kebakaran tangki Pertamina di SUngai Gerong. 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN - Hanya kurang dari 5 menit, tim pemadam api tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) PT Pertamina RU III, berhasil memadamkan kobaran api, yang membakar tangki kilang Pertamina di Sungai Gerong, Senin (12/2/2019).

Pemadaman api oleh tim HSSE tersebut, saat melakukan simulasi pemadaman kebaran yang terjadi di kilang minyak.

Hal ini dilakukan dalam usahanya mewujudkan visi menjadi Perusahaan Energi Berkelas Dunia, Pertamina terus memastikan aspek HSSE sebagai salah satu pilar utamanya.

Mengusung semangat Pertamina One, Refinery Unit III Plaju dan HSE Training Center Sungai Gerong bersinergi memperingati Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) 2019 mengusung tema Wujudkan HSSE Beyond Culture for Business Sustainability.

“HSSE adalah budaya, kebiasaan, dan nilai-nilai yang harus menjadi dasar dalam setiap kegiatan insan Pertamina dari hulu ke hilir. Karenanya, setiap tahun kami pasti memperingati Bulan K3 dengan melakukan penyegaran kembali tentang aspek HSSE dengan cara-cara yang beragam dan menarik agar Zero Fatality dapat tercapai,” jelas General Manager RU III Plaju, Yosua I. M. Nababan.

Seluruh lini mulai dari manajemen hingga pekerja diharapkan senantiasa mengimplementasikan aspek HSSE, karenanya, dalam pembukaan ini, manajemen RU III dan HSE TC turut mendemonstrasikan salah satu upaya respon keadaan darurat yakni memadamkan kebakaran.

Pada kesempatan ini, Pertamina juga mengenalkan sekaligus menguji produk Research and Technology Center (RTC) Pertamina, Pertasurf 31.

“Pertasurf 31 merupakan hasil riset terkini dari RTC yang berfungsi untuk memadamkan api yang dipicu oleh cairan mudah terbakar, seperti minyak mentah dan produk bahan bakar minyak. Sebelumnya sudah sempet uji coba juga di HSE TC, dan hasilnya memuaskan,” tambah Yosua.

Pertasurf 31 sendiri adalah fire fighting foam yang terbuat dari bahan aman dan ramah lingkungan serta memiliki tiga (3) fungsi utama, yakni Aqueoe Film Forming Foam (AFFF) atau fire fighting foam, Oil Spill Dispersant (OSD), dan Degreaser atau biasa digunakan untuk membersihkan tanki.

“Hasil uji coba Pertasurf 31 akan terus dilanjutkan, rencananya masih akan dikembangkan dan diuji coba di fasilitas Pertamina lainnya,” kata HSE TC Manager, Yulius S Bulo.

Halaman
12
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved