Advetorial

PKL Siswa SMK-PP Negeri Sembawa Memanen Telur Ayam di CV Candi Farm

Pemanenan yang dilakukan di CV Candi Farm merupakan salah satu usaha peternakan ayam petelur di Desa Sukamakmur, Kabupaten Banyuasin

PKL Siswa SMK-PP Negeri Sembawa Memanen Telur Ayam di CV Candi Farm
Sripo/ Alan Nopriansyah
Siswa Program Studi Agribisnis Ternak Unggas (ATU) atas nama Shepia Dwi Yanti melakukan tugas piket memanen telur ayam layer di CV Candifarm, Senin (28/1/2019). 

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN-Siswa Program Studi Agribisnis Ternak Unggas (ATU) atas nama Shepia Dwi Yanti dan Juliansyah Hidayat menceritakan pengalaman melakukan tugas piket memanen telur ayam layer di CV Candifarm.
Senin (28/1/2019).

Pemanenan yang dilakukan di CV Candi Farm merupakan salah satu usaha peternakan ayam petelur di Desa Sukamakmur, Kabupaten Banyuasin.

Ayam ras petelur yang dibudidayakan merupakan jenis Strain Lohman Brown dengan memiliki produktivitasnya tinggi.

Jenis ini sangat cocok dibudidayakan di iklim tropis seperti halnya di daerah Kabupaten Banyuasin.

Kandang ayam dibuat sistem panggung dan dilengkapi baterai agar lebih mudah dalam penghandelan telur. Populasi di unit kandang B yaitu 1500 ekor ayam.

Pada suasana Praktek Kerja Lapangan (PKL) dengan suasana kandang B riuh dengan suara ayam-ayam di pagi hari.

Shepia dan Juli sibuk memunguti telur-telur di kandang baterai kemudian dipindahkan ke eggs tray. Seperti kesibukan karyawan pada umumnya.

"Pokoknya seru, bisa memanen telur yang begitu banyak dari kandangnya langsung,"ujar Siswa Sephia salah seorang dari siswa SMK PP N sembawa yang sedang PKL.

Tidak hanya sampai disitu, sebelum dipasarkan telur-telur yang telah dipanen dicek kondisi fisiknya dan digrading sesuai dengan ukuran standarnya masing-masing, kemudian dipacking dan siap untuk dipasarkan.

"Diperiksa kalau ada yang pecah dan dipisahkan berdasarkan ukuran, sebelum dipasarkan,"ujar Sephia. 

Editor: Wawan Perdana
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved