Begini Kondisi Janin di Usia Kehamilan 1 sampai 6 Minggu Kehamilan

Banyak hal yang terjadi pada janin di usia kehamilan 1 hingga 6 minggu terutama menyangkut pembentukan organ.

Begini Kondisi Janin di Usia Kehamilan 1 sampai 6 Minggu Kehamilan
ISTIMEWA
Ilustrasi kondisi janin usia kehamilan 0-6 minggu. 

TRIBUNSUMSEL.COM – Kehamilan trimester atau tiga bulan pertama merupakan masa yang sangat penting. Pada masa ini berhasil atau tidaknya kehamilan ditentukan dan di masa ini juga terjadi perkembangan organ-organ bayi.

Banyak hal yang terjadi pada janin di  usia kehamilan 1 hingga 6 minggu terutama menyangkut pembentukan organ.

Berikut keajaiban yang terjadi pada janin di usia kehamilan 1-6 minggu awal pembentukan manusia seperti dikutip dari Buku Solusi Sehat Seputar Kehamilan, karangan dr Hermawan Wibisono, SpOG dan Ayu Bulan Febri Kurnia Dewi, SKM.

  • Diferensiasi sel

Pada waktu sel masih dalam blastosit terjadi diferensiasi sel yakni program pemisahan sel berdasarkan fungsinya. Ada sel yang diprogramkan menjadi jantung, liver, otot, tulang, ginjal ataupun organ lainnya.

Sel-sel tersebut akan menjadi organ yang sudah diprogramkan dan tidak akan menjadi organ lainnya.

Apa yang menyebabkan suatu sel itu menjadi organ tulang sedangkan yang lainnya menjadi organ jantung masih merupakan suatu teka-teki dan merupakan suatu keajaiban yang diperlihatkan oleh Tuhan Pencipta Alam semesta kepada manusia.

Pada hari ke-15 setelah konsepsi (pertemuan sperma dan sel telur), sel saraf mulai membentuk otak dan sumsum tulang.

Pada minggu ke-4, ukuran embrio menjadi sekitar 5 milimeter (mm). Pada saat itu, embrio sudah bisa dilihat dengan ultrasoun sonography (USG) transvagina tetapi masih agak sulit dilihat dengan USG dari abdomen atau perut.

  • Pembentukan Jantung

Seiring dengan pertumbuhan embrio, diperlukan alat untuk memompa oksigen dan nutrisi dibutuhkan.

Pada akhir minggu ke-5, mendadak terdapat satu sel berdenyut. Denyutan ini menimbulkan efek dominan, sehingga sel-sel di sekitarnya ikut berdenyut dengan irama yang sama dan menjadi seperti satu kesatuan.

Pada masa ini menjadi awal pembentukan organ jantung dan akan terus menyempurna. Pada minggu ke-11 sudah membentuk ruangan-ruangan yang dibatasi sekat-sekat jantung.

  • Pembentukan Sumsum Tulang Belakang

Pada akhir minggu ke-6, sumsum tulang belakang mulai terbentuk dan terkumpul di tubuh bagian belakang dan dilindungi oleh tulang belakang.

  • Pembentukan Wajah

Wajah bayi mulai terbentuk pada minggu ke-5 yang dimulai dari mulut. Rahang bawah terbentuk lebih dulu, lalu diikuti oleh rahang atas.

Memasuki usia kehamilan minggu ke-6 embrio terus berkembang dengan pesat dan ini terjadi hingga kehamilan minggu ke-10.  

Penulis: Vanda Rosetiati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved