9 Cara Pakai Gadget yang Benar agar Mata Anak Tetap Sehat, Jangan Terlalu Terang

Gangguan mata pada anak akibat gadget semakin bertambah, berrapa banyak anak yang harus menggunakan kacamata akibat gangguan mata minus

9 Cara Pakai Gadget yang Benar agar Mata Anak Tetap Sehat, Jangan Terlalu Terang
Antara
Ilustrasi anak-anak menggunakan gadget 

TRIBUNSUMSEL.COM -- Gangguan mata pada anak akibat gadget semakin bertambah. Lihat saja anak-anak SD, berapa banyak yang harus menggunakan kacamata akibat gangguan mata minus.

Disinyalir gangguan ini, salah satu penyebabnya adalah akibat penggunaan gadget yang salah. Belum lagi gangguan mata lainnya selain persoalan mata minus.

Hal yang dapat terjadi antara lain kelelahan pada mata (astenopia), mata kering, dan rabun jauh (miopia). Mata lelah (astenopia) dapat terjadi karena pada saat anak menggunakan gadget, mata anak akan berakomodasi.

Apabila mata berakomodasi dalam waktu yang cukup lama, otot-otot mata akan mengalami kelelahan. Kondisi mata lelah ini akan mengakibatkan gejala pusing, pandangan buram, dan pandangan ganda (double).

Mata kering terjadi karena saat menggunakan gadget refleks berkedip akan menurun. Hal ini mengakibatkan mata menjadi pedih, berair, terasa panas, dan merah. Hal ini juga akan membuat pandangan menjadi kabur.

Sementara rabun jauh (myopia) terjadi karena mata melihat obyek yang dekat secara berlebihan.

Hal ini menyebabkan titik fokus mata untuk melihat jauh menjadi berkurang. Sebenarnya gawai tidak secara langsung menimbulkan rabun jauh, namun aktivitas melihat dekat yang dilakukan secara berlebihanlah yang menyebabkan terjadinya rabun jauh.

Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya rabun jauh, disarankan agar anak-anak dapat meningkatkan aktivitas di luar rumah agar mata bisa beristirahat (tidak berakomodasi secara terus menerus).

Lalu, bagaimana aturan ber-gadget agar mata anak tetap sehat?

Berikut kiatnya, dikutip dari tabloidnova :

Halaman
123
Penulis: Lisma
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved