Video

Video : Meriana Hidup Dalam Kesendirian , Sejak Umur 7 Tahun Tidak Dapat melihat

Sebagai kota metropolitan, Palembang tak luput dari kemiskinan. Seperti yang terjadi pada Yus Mas Meriana (58).

TRIBUNSUMSEL.COM - Sebagai kota metropolitan, Palembang tak luput dari kemiskinan. Seperti yang terjadi pada Yus Mas Meriana (58).

Wanita yang masih lajang ini tinggal sendirian di wisma Pondok Pesantren SMB II Talang Jambe Palembang ini harus hidup dalam kemiskinan ditambah dengan mata yang tak sehat lagi.

Dia mengaku matanya tak bisa melihat sejak umur 7 tahun. Tak hanya itu, mata yang tak bisa melihat, Yus juga harus merasakan penyakit ganas, yakni Kanker Payudara yang menimpa dirinya.

Sekilas dia nampak sehat seperti nenek-nenek lainnya, memelihara ayam, setiap hari mengangkut air sejauh 300 meter dengan mengandalkan indera peraba dan pendengarnya demi memenuhi kebutuhan air bersihnya karena di wisma tempat dia tinggal tak ada aliran air dari PDAM.

Sementara itu, wisma yang dia tempati saat Tribun kunjungi terlihat berantakan, berdebu, plafon wisma terlihat berlubang dan kalau hujan pasti bocor. Lampu rumah terlihat temaram kadang hidup, kadang mati.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya dia mengandalkan belas kasih tetangganya dan menernak beberapa ekor ayam untuk dia jual.

Meski menjalani hidup yang sulit dan ditelantarkan keluarga sejak remaja, beruntung wanita kelahiran Muara Rupit, Sumsel ini diurus oleh pengurus pesantren saat itu.

Menjalani kehidupan yang sulit tak bisa melihat, sering ditipu oleh orang-orang kini hidupnya bertambah sulit lagi karena harus menderita kanker Payudara. Dan saat ini dirinya bingung, walau sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan yang dibantu oleh bidan yang telah baik dengan dirinya.

Dia harus berpikir keras bagaimana caranya bisa berobat ke rumah sakit karena kalau ke rumah sakit butuh ongkos dan dirinya mengaku tak memiliki uang serta takut kalau tak ada yang menemani berobat.

Hingga kini belum ada yang datang membantu. Apabila ada yang ingin membantu Yus bisa langsung ke Ponpes SMB II Palembang, Talang Jambe RT 15, RW 04.

Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Abriansyah Liberto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved