Ini Hukum Syariat Terapi Minum Urine

Bahan-bahan yang ditemukan di dalam urine bersifat murni, bioaktif, dan mempunyai kemampuan menyembuhan sendiri.

Ini Hukum Syariat Terapi Minum Urine
Hello Sehat
Ilustrasi 

PALEMBANG, TRIBUNSUMSEL.COM - Di beberapa tempat dan bagi sebagian orang, meminum urine atau air kencing menjadi suatu terapi atau cara pengobatan.

Terapi minum air seni ini konon sudah dilakukan sejak 5.000 tahun lalu di India. Orang Eropa mengenal terapi ini sejak 4.00 tahun lalu sedangkan di Cina terapi ini dikenal sejak 1.700 tahun lalu.

Urine mengandung bermacam senyawa berharga seperti mineral, vitamin, hormon, enzim, antibodi, antialergen, antigen, antiamino serta bahan nutrien lain bagi tubuh.

Bahan-bahan yang ditemukan di dalam urine bersifat murni, bioaktif, dan mempunyai kemampuan menyembuhan sendiri (bio self healing power).

Lantas bagaimana hukum syariatnya melakukan pengobatan atau terapi dengan cara minum urine.

Ustaz Ahmad Sarwat, LC,MA dalam bukunya Halal atau Haram Kejelasan Menuju Keberkahan terbitan Gramedia Pustaka Utama memaparkan terlepas dari terapi urine ini ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan atau apakah terapi ini berhasil menyembuhkan penyakit, dalam syariat Islam air kencing hukumnya tetap najis.

Hukum berobat dengan terapi urine termasuk hal yang diharamkan apabila urine itu diminum. Hal ini tidak terbatas pada urine manusia saja tetapi juga urine hewan.

Dalilnya adalah Hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Al Baihaqi dan Ibnu Hibban yang artinya adalah:

"Sesungguhnya Allah Tabarakawataala tidak menjadikan obat penyembuhmu terdapat pada hal-hal yang telah Dia haramkan untukmu".

Hadist lain yang melarang berobat dengan sesuatu yang haram ini diriwayatkan Imam Muslim, Tirmizy dan Abu Dawud.

"Sesungguhnya Allah SWT menurunkan penyakit dan obat dan menjadikan setiap penyakit ada obatnya. Hendaklah kalian berobat dan janganlah kalian berobat dengan sesuatu yang haram".

Penulis: Vanda Rosetiati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved