6 Cara dan Bahan Mengusir Semut dengan Cepat dan Mudah, Ada Kopi dan Bedak Bayi

Kopi menetralkan bau yang disukai semut dan aroma kopi itu sendiri tidak disukai semut.

6 Cara dan Bahan Mengusir Semut dengan Cepat dan Mudah, Ada Kopi dan Bedak Bayi
SHUTTERSTOCK
Semut di perkotaan menyesuaikan pola konsumsi makanan seperti manusia. 

TRIBUNSUMSEL.COM - Cara basmi semut yang alami merupakan solusi yang dianjurkan untuk diterapkan di rumah karena semut biasanya ditemukan di area di mana kita makan atau menyimpan makanan, seperti dapur dan meja makan.

Selain itu menjaga kebersihan rumah tetap merupakan langkah pencegahan yang terbaik. Segera bersihkan meja dapur setelah selesai memesak dan meja makan usai makan, lap dengan cairan pembersih semacam Cif Spray Pembersih Serbaguna untuk memastikan tidak ada minyak dan noda tertinggal.

Mengepel lantai juga merupakan cara mengatasi semut yang ampuh, sebaiknya lantai dipel secara rutin dengan pembersih yang sekaligus berfungsi sebagai disinfektan, seperti Wipol.

Cara alami mengusir semut dengan bahan sehari-hari
Cara ampuh mengusir semut ternyata bisa hanya menggunakan bahan-bahan dapur atau bahan alami yang tidak beracun.

Di bawah ini beberapa mengusir semut'>cara mengusir semut yang aman diterapkan di rumah:

Kopi. Taburkan sedikit ampas kopi di tempat Anda menemukan semut atau di jalur barisan semut. Kopi menetralkan bau yang disukai semut dan aroma kopi itu sendiri tidak disukai semut. Metode ini tidak membunuh semut, tapi cukup untuk mengusirnya. Tentu saja Anda perlu memakai ampas kopi tawar, bukan ampas kopi manis.

Kapur. Buat garis tak terputus dengan kapur tulis di sekeliling jendela dan pintu masuk untuk mencegah semut dari luar masuk ke rumah. Anda juga bisa membuat garis kapur di sekitar tempat penyimpanan makanan yang tersembunyi, misalnya di kaki meja makan dan kaki lemari makanan.

Mint. Campurkan beberapa tetes minyak mint ke dalam air, semprotkan ke area tempat semut senang berkeliaran. Ini juga salah satu aroma yang dibenci semut.

Jeruk nipis. Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan penciuman dan daya orientasi semut sehingga membuatnya kabur. Belah jeruk nipis dan peras, kemudian campur perasannya dengan sedikit air dan semprotkan di sudut-sudut lemari dapur. Anda juga bisa menambahkan sedikit perasan jeruk nipis ke cairan pembersih lantai dan pembersih dapur, atau lebih mudahnya pilih aroma jeruk lemon untuk pembersih rumah.

Bedak bayi. Ini merupakan solusi murah dan ampuh mengusir semut. Cukup taburkan sedikit bedak bayi di titik-titik masuk rumah seperti jendela dan pintu.

Kayu manis. Satu lagi aroma yang sedap bagi manusia tapi tidak disukai semut, kayu manis. Taburkan sedikit kayu manis bubuk di sudut laci atau lemari dapur tempat menyimpan bahan makanan untuk mencegah semut datang.

Penulis: Erwanto
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved