Bahaya Durian Bagi Gula Darah, Ini Manfaat dan Pantangan Makan Buah Durian

Saat ini musim durian sedang dalam puncaknya. Begitu banyaknya penjual durian kita temui di pinggir-pinggir jalanan Palembang. Berikut manfaatnya

Bahaya Durian Bagi Gula Darah, Ini Manfaat dan Pantangan Makan Buah Durian
Sripo/ Alan
Pedagang buah durian, di Wilayah Kota Pangakalan Balai, Selasa (18/12/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM, TRIBUNSUMSEL - Saat ini musim durian sedang dalam puncaknya. Begitu banyaknya penjual durian kita temui di pinggir-pinggir jalanan Kota Palembang.

Buah yang dikenal sebagai raja buah ini begitu laris dan memang musimnya sangat ditunggu-tunggu. 

Penasaran apa saja manfaat durian berdasarkan kandungan di dalamnya, bukan? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Tinggi antioksidan
Seperti yang disebutkan di atas, buah durian mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh Anda dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung.

Radikal bebas ini merupakan molekul yang muncul di dalam tubuh sebagai reaksi sisa metabolisme. Radikal bebas ini akan meningkat jika Anda merokok, atau terpapar radiasi.

2. Serat
Manfaat durian lainnya datang dari serat yang terkandung di dalamnya. Serat dalam makanan yang terdiri dari buah, sayur, dan biji-bijian utuh terbukti menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik untuk kesehatan jantung.

3. Kalium
Durian juga mengandung kalium yang dipercaya dapat memberikan beragam kebaikan untuk tubuh. Setidaknya terkandung 436 mg kalium di dalam 1 buah Kalium sendiri dapat membantu tubuh dalam menjaga kesehatan otot, tulang, saraf dan pembuluh darah, serta menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Tinggi karbohidrat
Bagi orang yang tidak memiliki masalah dengan gula darah, manfaat durian juga bisa didapat dari kandungan karbohidrat di dalamnya yang cukup tinggi. Dalam satu buah durian, terdapat sekitar 150 kalori. Jumlah ini cukup untuk menjadi sumber makanan penambah energi yang mengenyangkan.

Selain beberapa jenis manfaat durian di atas, durian juga secara tradisional dipercaya dapat meningkatkan gairah seksual, meredakan demam, bagus untuk penyakit kuning, tekanan darah tinggi, malaria, dan mengobati luka. Sayangnya penelitian klinis untuk memastikan manfaat durian tersebut masih sangat minim dan belum dapat dipastikan.

Durian Ujan Mas.
Durian Ujan Mas. (YOHANES TRI NUGROHO/TRIBUNSUMSEL.COM)

Pantangan

Halaman
12
Penulis: Erwanto
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved