Kebijakan Baru Penerimaan Siswa Baru Tanpa Test, Ini Tanggapan Disdik Sumsel

Dinas Pendidikan Sumatera Selatan belum mendapatkan informasi seputar kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tanpa test.

Kebijakan Baru Penerimaan Siswa Baru Tanpa Test, Ini Tanggapan Disdik Sumsel
Istimewa
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Melisa Wulandari

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dinas Pendidikan Sumatera Selatan belum mendapatkan informasi seputar kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tanpa test.

Apalagi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini menggunakan metode siswa sudah terdaftar di sekolah tujuan sesuai dengan zonasinya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mendikbud RI, Muhadjir Effendi telah mengeluarkan pernyataan bahwa Proses Peneriman Peserta Didik Baru (PPDB) bisa langsung terdaftar sesuai zonasi.

Daftar Kondisi Kerusakan Jalan di Sumsel, Perbaikan Jalan Fokus di OKU Timur

Tak Hanya Sukses Jadi Pedangdut Tersohor, Nella Kharisma Kini Raih Gelar Pendidikan S1-nya

Gubernur Sumsel Herman Deru Terima DIPA Tahun Anggaran 2019 dari Presiden Jokowi

Dia percaya Model PPDB seperti ini jauh lebih simpel. Contohnya, sebuah SMP sudah tahu daftar siapa saja yang akan masuk pada tahun ajaran mendatang.

"Sampai saat ini kami belum mendapatkan arahan dari Kemendikbud.
Namun beberapa waktu lalu memang dilakukan uji publik tentang PPDB dengan rencana akan diterbitkannya Permendikbud tersebut," ujar Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo melalui Kabid SMA Disdik Sumsel Bonny Syafrian, Rabu (12/12/2018).

Dia melanjutkan, kalau dilaksanakan secara murni zonasi nantinya PPDB akan dilaksanakan tanpa tes, tentu pihaknya akan memprioritaskan calon siswa yang kediamannya di dekat sekolah tujuan.

"Apalagi ini terkait jumlah tampung nantinya akan disesuaikan dengan daya tampung sekolah tujuan masing-masing. Jumlah siswa yang diterima tetap mengacu aturan lama, yakni menyesuaikan daya tampung sekolah masing-masing, dan kalau daya tampung penuh masih bisa pindah ke zona lain," katanya.

Dan, khusus bagi siswa berprestasi nantinya akan disediakan kuota khusus.

Tetapi sampai saat ini pihak Dinas Pendidikan Sumsel masih menunggu Permendikbud atau Perpres yang nantinya akan diterbitkan dan setelah itu akan dilakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah.

Halaman
12
Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved