Masih Ada 111 Ribu Warga Belum Rekam e-KTP, Pemprov Gencar Sosialisasi

Dinas Kedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumsel melakukan kegiatan sosilasi percepatan penerbitan e-KTP di Hotel Swarana Dwipa

Masih Ada 111 Ribu Warga Belum Rekam e-KTP, Pemprov Gencar Sosialisasi
TIARA/TRIBUNSUMSEL.COM
Dinas Kedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumsel melakukan kegiatan sosilasi percepatan penerbitan e-KTP di Hotel Swarana Dwipa 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Dinas Kedudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sumsel melakukan kegiatan sosilasi percepatan penerbitan e-KTP di Hotel Swarana Dwipa Jln Tasik Talang Semut Palembang, Jum'at (07/12/18).

E-KTP merupakan syarat bagi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019 yang akan datang. Untuk itu pemerintah menyarankan masyarakat segera menadatangi Disdukcapil terdekat.

Hal ini disampaikan Kepala Disdukcapil Sumsel, Reinhard Nainggolan dalam kata sambutannya pada acara tersebut.

"Dilaksakannya kegiatan ini karena banyak masyarakat yang belum melakukan perekemanan untuk e-KTP," ungkapnya.

Ia mengatakan, berdasarkan laporan dari Disdukcapil Kabupaten kota Sumsel per 28 November 2018, jumlah penduduk sebesar 8.181.311 jiwa.

"Sedangkan yang harusnya memiliki e-KTP ini ada 5.803.862 tapi yang memiliki tercatat hanya 5.692.275, sisanya belum punya e-KTP," katanya.

"Berarti ada 111.587 jiwa yang belum melakukan perekaman, hingga saat ini masih bisa bila ada yang membuat, dan akan dibantu untuk lebih cepat selesai dalam pembuatan," tambahnya.

Sementara itu H Akhmad Najib Asisten Pemerintahan dan Kesra provinsi Sumatera Selatan mengharapkan sosialisasi yang menghadirkan beberapa petugas kecamatan bisa membantu masyarakat mau melakukan perekaman.

"Ini semuakan untuk menyukseskan pemilu, jadi harus disosilaisikan dan digerakan secepat mungkin, untuk itu harapan saya petugas Disdukcapil bisa mempermudh dalam perekaman," harapnya.

"Diharapkan masyarakat dalam mau melakukan perekamaan identitas dan sebagai syarat partisipasi dalam pemilu," tambahnya.

Saat ditanyai mengenai masyarakat yang sudah melakukan perekaman namun tak kunjung mendapatkan KTP dengan alasan alat yang digunakan rusak, ia mengatakan tidak ada lagi yang seperti itu.

"Kalau di tahun-tahun belakang mungkin iya rusak dan sebagainya, tapi sekarang tidak ada lagi seperti itu untuk itu saya harap petugas bisa menjalankan tugasnya sebaik mungkin," tutupnya.

Sosialisai Percepatan Penerbitan e-KTP di Hotel Swarana Dwipa Jln Tasik Talang Semut Palembang, Jum'at (07/12/18).

Penulis: Tiara Anggraini
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved