Berita Baturaja

Semula Minta Bus Sekolah, Tapi Malah dapat BRT

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menerima kiriman Lima unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan RI.

Semula Minta Bus Sekolah, Tapi Malah dapat BRT
RETNOWIRAJAYA/TRIBUNSUMSEL.COM
Bus BRT bantuan kementerian untuk OKU. 

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menerima kiriman Lima unit bus bantuan dari Kementerian Perhubungan RI. Lima unit bus tersebut tiba di OKU pada sore kemarin yang diterima oleh kepala dinas perhubungan (Dishub) OKU Aminilson.

"Sudah tiba dan kita terima sore kemarin," Kata Aminilson, Rabu (28/11).

Dijelaskan Aminilson, lima unit bus yang dikirim dari Kementrian Perhubungan merupakan jenis Bus Rapid Transit (BRT) yakni jenis bus umum, pada awalnya lanjut Aminilson pemkab OKU mengusulkan bus sekolah.

"Kita usulkan bus sekolah namun tidak tahu yang dikirim bus BRT, tapi tidak masalah yang penting kita dapat bantuan," jelasnya.

Bus ini dikatakan Aminilson, berkapasitas 40 penumpang. Terdiri dari 18 tempat duduk penumpang umum, 2 kursi khusus disabilitas serta gantung tangan penumpang.

"Ini bus umum sejenis bus Tran Musi namun sudah pakai AC dan ada musik juga. Lengkap dengan alat keamanan serta sabuk pengaman tiap kursi, " jelasnya.

Kendati bus umum tersebut sudah siap. Namun, untuk operasionalnya kata Aminilson, paling lambat Maret mendatang. Hal ini, karena pihaknya akan menyiapkan kelengkapan kendaraan.

"Seperti plat nomor akan kita rubah dahulu ke pelat nomor polisnya ke Nopol OKU dan lainnya," katanya.

Ditanya apakah Bus ini tetap akan di operasikan sebagai Bus Sekolah, Aminilson mengatakan, sesuai jenisnya bus ini merupakan jenis umum, nantinya pengoperasian bus ini akan dibuat trayek umum.

"Mungkin akan kita buatkan trayek, seperti trayek Baturaja- Semidang aji, dan lainnya, jadi bukan hanya untuk sekolah karana inj BRT (umum)," jelasnya.

Meski belum beroperasional, namun sesekali armada itu akan dibawa keliling di dalam kota. Sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat. Bahwa bus untuk masyarakat sudah siap di OKU.
"Untuk sementara, bus diparkir di depan SMP N 1 OKU,nanti kita akan titip ke Pemda dahulu, karena kemarinkan baru kita terima dari pengiriman, untuk penyerahan dari kementrian akan dilakukan nanti sembari kita menyiapkan kelengkapan Bus," katanya.(rws)

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved