Rp 1500 Tempuh 5 Kilometer, Ini Teknologi Terbaru Mobil Listrik

Saat ini, perkembangan teknologi dengan bahan bakar listrik sedang menjadi trend masyarakat terutama kalangan milineal.

Rp 1500 Tempuh 5 Kilometer, Ini Teknologi Terbaru Mobil Listrik
Tribun Sumsel/ Lusi Faradila
Mobil listrik diberi nama BLITS merupakan hasil kolaborasi dua perguruan tinggi, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Budi Luhur 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Saat ini, perkembangan teknologi dengan bahan bakar listrik sedang menjadi trend masyarakat terutama kalangan milineal.

Oleh karena itu, sebagai dukungan nyata, PLN saat ini telah mempersiapkan fasilitas guna mendukung penuh perkembangan dan penggunaan kendaraan mobil listrik.

Bertempat di halaman kantor PLN unit induk wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu mengadakan pengenalan dan sharing session mengenai mobil listrik pada selasa (27/11)

Tim leader PLN Blits Explore Indonesia Agus Mukhlisin mengatakan, mobil listrik ini memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan mobil konvensional pada umumnya.

"Keunggulan mobil ini yaitu tentu ramah lingkungan, jadi kita eksplore mengelilingi Indonesia dengan efesiensi yang lebih tinggi dibanding kendaraan konvesional," ujarnya

Mobil listrik diberi nama BLITS yang merupakan hasil kolaborasi dua perguruan tinggi, yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Budi Luhur ini bisa menempuh jarak 5KM dengan 1 KWH listrik.

"Artinya 1500 itu bisa menempuh jarak 5 KM. Sedangkan kendaraan konvesional 1 liter untuk paling efisien itu 15 kilo sedangakan 1 liter kurang lebih 1500, jadi kalau dapat listrik itu di 5 KWH dan dapat menempuh jarak 25 KM, sedangkan mobil konsevional hanya dapat menembuh 15 KM " jelasnya

Soal perawatan, mobil listrik ini juga memiliki keunggulan banding mobil biasa karena lebih simple dan tidak harus ganti oli.

Saat ini mobil listrik tersebut memiliki 80% komponen lokal dan masih dalam bentuk prototype dan belum di produksi secara masal.

"Nanti ketika uji coba kami berhasil dan memiliki endurance yang baik, maka komponen yang kami produksi ini siap untuk diproduksi dan kita coba gandeng gandeng mitra produksi," jelasnya.

Agus menambahkan, untuk kegiatan selanjutnya Tim Ekspedisi BLITS Explore Indonesia akan melakukan kegiatan penanam pohon yang di lanjutkan sosialisasi ke pergruan tinggi

"Acara kita tidak hanya hari ini. Untuk besok kita ada kegiatan tanam pohon di daerah jakabring sampai pukul 14:00 WIB yang dilanjutkan sosialisasi ke politeknik negeri sriwijaya,"

Sehari sebelumnya juga telah diadakan pengenalan dan sharing session mengenai mobil listrik di Universitas Sriwijaya.

Salah satu tujuan dari kegiatan Tim Ekspedisi BLITS Explore Indonesia, ini yaitu untuuk dakwah teknologi dan memperkenalkan kepada masyarakag mengenai mobil listrik.

Penulis: Lusi Faradila
Editor: Prawira Maulana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved