Berita Palembang

Pernah Divonis Bersalah oleh DKPP, Calon Komisioner KPU Palembang Lolos Menjabat Ketua KPU Banyuasin

Tim Seleksi (Timsel) calon anggota KPU Kabupaten/ kota se Sumsel, telah mengeluarkan hasil penilitian administrasi seleksi bagi penyelenggara pemilu d

Pernah Divonis Bersalah oleh DKPP, Calon Komisioner KPU Palembang Lolos Menjabat Ketua KPU Banyuasin
Tribunsumsel.com/Arief Basuki R
Gedung KPU Kota Palembang 
TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Tim Seleksi (Timsel) calon anggota KPU Kabupaten/kota se- Sumatera Selatan, telah mengeluarkan hasil penilitian administrasi seleksi bagi penyelenggara pemilu di daerah tersebut.
Namun, dari hasil penelitian administrasi tersebut sejumlah pihak menilai Timsel yang ada, khususnya untuk KPU Kota Palembang menjadi sorotan.
Mengingat terdapat nama- nama yang telah dua kali disidang dan dapat putusan bersalah dari Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP),
ataupun saat ini masih menjabat ketua KPU Kabupaten Banyuasin, ternyata lolos administrasi.
Ketua Timsel I Anisatul Mardiah menganggap, pihaknya telah bekerja sesuai aturan yang dibuat KPU RI dan sudah dilakukan secara profesional, dalam menseleksi administrasi yang ada.
"Timsel hanya meneliti berkas administrasi, dan telah kami lakukan," katanya, Sabtu (17/11/2018).
Ditambahkan mantan ketua KPU Sumsel ini, proses penelitian administrasi dilakukan semua meski waktu terbatas.
Meski begitu pihaknya tetap membuka lebar untuk masukan dari masyarakat soal calon- calon yang ada.
"KTP harus cocok dengan Kabupate/Kota tempat ia mendaftar. Kalau ada yang KTPnya tidak cocok, kami minta tanggapan masyarakat, insya Allah waktu wawancara akan terdeteksi(kalau yang bersangkutan sampai tahap wawancara)," jelasnya.
Terkait adanya calon yang pernah mendapat putusan dari DKPP, Anisatul menganggap hal itu bukan patokan untuk menggugurkan calon karena hanya peringatan.
 "Masalah sanksi DKPP, timsel  patuh pada aturan dan juknis dari KPU, yang tidak boleh mendaftar hanya yang sudah diberhentikan secara tetap oleh DKPP," tegasnya.
Sebelumnya, sejumlah pihak menyoroti seleksi administrasi yang dilakukan Timsel calon anggota KPU Kabupaten/ kota di Sumsel, khususnya untuk kota Palembang.
Dimana hasil seleksi awal mengenai kelengkapan berkas administrasi para pendaftar bakal calon Komisioner telah mengumumkan hanya ada 40 Orang yang lulus dari 121 Pendaftar. 
Penulis: Arief Basuki Rohekan
Editor: Euis Ratna Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved