Berita Selebriti

Ikut dalam Gerakan Antikekerasan, Wulan Guritno Teringat Masa Lalu Pernah Jadi Korban Kekerasan

Artis peran Wulan Gurito turut ambil bagian dalam gerakan anti kekerasan berbasis gender dan seksual yang digaungkan oleh

Ikut dalam Gerakan Antikekerasan, Wulan Guritno Teringat Masa Lalu Pernah Jadi Korban Kekerasan
Kolase Tribunsumsel.com
Wulan Guritno 

TRIBUNSUMSEL.COM - Artis peran Wulan Gurito turut ambil bagian dalam gerakan anti kekerasan berbasis gender dan seksual yang digaungkan oleh Enam Belas Film Festival atau 16FF.

Wulan bercerita bahwa dia pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Saat itu Wulan tidak berani bersuara karena perasaan malu.

Baca: Jawaban Bijak Andika eks Kangen Band saat Ditanya Rahasianya Bisa Taklukan Hati Wanita Cantik

Hal itu diceritakan Wulan saat ditemui usai jumpa pers 16FF di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (16/11/2018).

"Aku pernah ngalamin dulu tapi ini enggak usah diungkap-ungkap. Karena masalahnya udah selesai ya. Tapi kan terus akhirnya itu terungkap juga jadi enggak ada yang dirahasiakan lagi, ya kekerasan dalam rumah tangga kalau aku dulu kan," kata Wulan.

"Tapi ya enggak berani bersuara karena bingung. Kalau aku waktu itu bingungnya aku udah menikah dengan orang yang tidak disetujui orangtuaku, kasarnya gitu," sambungnya.

Baca: Selain Cantik, Putri Sulung Mulan Jameela Gemar Lagu Lawas, Begini Cara Tiara Savitri Menikmatinya

"Ya aku malu aja sama keluarga, orangtua kan udah dibilangin juga tapi ternyata tidak. Nah ketakutan itu pasti selalu terjadi pada korban entah malu, takut makin ada," tambah bintang film Jailangkung itu.

Meski sempat merasa terpuruk, akhirnya ibu tiga anak itu bisa kembali bangkit dan kembali menjalani kehidupannya.

"Emang aku malah agak down setelah berani keluar dari permasalahan cerai janda dengan anak satu tuh ada lagi kekerasan secara mental," ucap Wulan.

Baca: Potret Kebahagiaan Maia Estianty Dinikahi Irwan Mussry, Begini Pandangannya soal Hidup yang Sempurna

"Bangkitnya adalah tadinya malu banget takut banget, akhirnya aku merasa sayang sama diri aku, aku worth it loh," imbuhnya.

Wulan berharap gerakan-gerakan seperti ini bisa membuat para korban untuk berani bersuara tentang peristiwa yang dialaminya.

"Makanya aku senang banget diajak antikekerasan gender dan seksual ini. Berharap dengan adanya komunitas atau event kayak ini ada wadah untuk (korban) enggak takut bersuara," ujarnya.

Baca: Putus dari Luna Maya dan Diisukan Pacaran sama Syahrini, Ternyata ini 5 Sumber Kekayaan Reino Barack

"Kadang kita takut ketemu orang lain untuk memberi tahu apa yang terjadi pada kita karena hal-hal yang tadi aku sebut. Mudah-mudahan misalnya gue nih korban tahun ini belum berani, akhirnya mau ah ngomong. Jadi ada wadah untuk berbicara," imbuh Wulan.

Baca: Bantah Pacari Zack Lee, Ini Kisah Manohara Dinikahi Pangeran Kelantan Saat Berusia 17 Tahun



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita Wulan Guritno dari Jadi Korban hingga Suarakan Gerakan Antikekerasan", https://entertainment.kompas.com/read/2018/11/16/194137410/cerita-wulan-guritno-dari-jadi-korban-hingga-suarakan-gerakan

Editor: Euis Ratna Sari
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved