Jangan Buang Ampas Kopi, Bisa Dibuat Krim Anti Selulit

Bubuk kopi termasuk ampas kopi bertindak sebagai eksfoliator mekanik alami yang mampu mengangkat sel kulit mati

Jangan Buang Ampas Kopi, Bisa Dibuat Krim Anti Selulit
ISTIMEWA
Ampas Kopi 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Punya sisa ampas kopi di rumah, jangan lekas dibuang ke tempat sampah.

Karena, ternyata ampas kopi ini masih bisa dimanfaatkan di antaranya mengatasi selulit. Hal ini disebabkan kandungan kafein di dalam kopi.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Cosmetology tahun 2008 menyebutkan bahwa krim anti selulit yang menggunakan kopi (siloxanetriol alginate caffeine) sebagai salah satu campurannya terbukti bisa mengurangi selulit sebanyak 26% dari total diameter sel lemak yang ada.

Menurut penelitian, bubuk kopi termasuk ampas kopi bertindak sebagai eksfoliator mekanik alami yang mampu mengangkat sel kulit mati sehingga sel kulit baru yang ada di bawahnya bisa terlihat.

Karena bubuk kopi adalah eksfoliator alami, ia tidak menimbulkan efek pengelupasan berlebihan seperti halnya eksfoliator kimia yang banyak dijual di pasaran.

Efek pengelupasan yang disebabkan karena biji kopi bukan hanya mampu membuang sel kulit mati saja melainkan juga memperlancar aliran darah. Berikut sejumlah resep membuat krim anti selulit dari ampas kopi.

Resep 1

Bahan yang dibutukan
Seperempat cangkir ampas kopi yang masih hangat
Satu sendok makan olive oil atau minyak zaitun.

Campur kedua bahan tersebut kemudian balurkan pada paha, betis, atau pantat tempat selulit muncul sambil dipijat-pijat lembut. Diamkan sebentar sampai ramuan kering kemudian bilas hingga bersih.

Resep 2

Bahan-bahan yang diperlukan adalah :
¼ cangkir ampas kopi
Satu sendok makan minyak zaitun, dan
Putih telur secukupnya

Untuk membuat krim anti selulit, campurkan semua bahan kemudian gunakan untuk memasage bagian tubuh yang ada selulitnya dengan gerakan memutar. Setelah ramuan setengah kering bungkus tubuh Anda dengan plastik dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Resep 3

Cara menghilangkan selulit dengan cepat yang terakhir masih dengan bahan yang sama yaitu ampas kopi tetapi kali ini dicampur dengan krim body lotion.
Setelah kedua bahan tercampur rata, balurkan ke bagian tubuh yang berselulit kemudian diamkan beberapa saat sebelum dibersihkan dengan air.

Penulis: Vanda Rosetiati
Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved