Berita Palembang

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, SMKN 5 Palembang Lakukan Akreditasi

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Palembang melakukan akreditasi sekolah guna meningkatkan kualitas mutu dan kemajuan sekolahnya.

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, SMKN 5 Palembang Lakukan Akreditasi
Tribun Sumsel/Shinta Dwi Anggraini
SMKN 5 Palembang Lakukan Akreditasi Untuk Kualitas Pendidikan 
TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Palembang melakukan akreditasi sekolah guna meningkatkan kualitas mutu dan kemajuan sekolahnya. 
Visitasi tim akreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN) provinsi Sumsel ke sekolah ini telah dilaksanakan sejak tanggal 5 hingga 7 November 2018.
Tim BAN Provinsi Sumsel, Drs Mulison M Si menjelaskan, ada 8 standar yang harus dipenuhi untuk mencapai akreditasi tersebut.
"Dimulai dari standar isi, standar proses, standar kompetensi kelulusan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan terakhir standar penilaian," jelasnya saat ditemui di SMK N 5, Kamis (8/11/2018). 
Dikatakan Mulison, hasil akreditasi akan berdampak pada sekolah. Pertama, memberikan informasi tentang kelayakan sekolah, kedua, memberikan pengakuan peringkat kelayakan.
"Ketiga, tidak kalah pentingnya adalah memberikan pertanggungjawaban sebagai bentuk akuntabilitas publik," ujarnya.  
Saat ini, lanjut Mulison, SMK Negeri 5 Palembang mempunyai keunggulan pada beberapa bidang kejuruan.  Diantaranya Perfilman yang saat ini sudah menginjak tahun ke empat.
"Bisa dikatakan itu jurusan baru, namun kemajuannya sangat pesat. Kita melihat juga jurusan Perfilman siswa nya sudah dapat juara,"ungkapnya.
Sementara itu, Kepala SMK Negeri 5 Palembang, Drs Zulkifli Mpd mengatakan dalam upaya peningkatan akreditasi, pihaknya membentuk tim kerja untuk memaksimalkan hasil dari akreditasi.
"Jurusan yang diakreditasi ada Adminitrasi Perkantoran dengan nilai 87 dan berdasarkan hasil dari online mencapai 96, jurusan Akuntansi yang tahun lalu dapat nilai 85 nilai dan untuk tahun ini dapat nilai 96,"jelasnya. 
Guna mendapatkan hasil maksimal, pihaknya telah menyiapkan selama 3 bulan terakhir, dengan 6 jurusan yang akan diakretidasi.
"Kita berusaha melengkapi 8 standar yang telah ditetapkan dengan maksimal dan hasil yang bagus,"kata Zulkifli. 
Ia berharap, dengan akreditasi tersebut SMK Negeri 5 Palembang masyarakat melihat adanya perubahan dan kemajuan SMK Negeri 5 dan dapat  menjadi panutan bagi bagi sekolah-sekolah lain. 
"Saya berharap kedepan SMK Negeri 5 makin sukses lagi dan dapat mencetak generasi penerus bangsa yang memiliki kemampuan lebih khususnya dalam mengambil peran yang dapat berguna dan bermanfaat bagi banyak orang,"tutupnya. 
 
Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Euis Ratna Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved