Berita Palembang

Bukan untuk Cari Kesalahan, Ombudsman Bantu Perbaikan Kinerja Layanan Publik

Kami mendorong agar lembaga pelayanan publik mampu menangani persoalannya sendiri tanpa harus melalui ombudsman

Bukan untuk Cari Kesalahan, Ombudsman Bantu Perbaikan Kinerja Layanan Publik
Humas Pemkot Palembang
Ombudsman RI Perwakilan Sumsel saat audiensi dengan Pemerintah Kota Palembang, Selasa (6/11/2018) di ruang rapat Kantor Sekretariat Kota Palembang 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Tugas ombudsman bukan untuk mencari-cari kesalahan lembaga penyelenggara layanan publik.

Ombudsman justru membantu optimalisasi serta perbaikan kinerja layanan publik.

Demikian diungkapkan M Adrian Agustiansyah Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel saat audiensi dengan Pemerintah Kota Palembang, Selasa (6/11/2018) di ruang rapat Kantor Sekretariat Kota Palembang.

Ombudsman RI Perwakilan Sumsel disambut Plh Sekda Kota Palembang K Sulaiman Amin, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kota Palembang.

Lebih lanjut dijelaskan Adrian, ombudsman bertugas melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraam layanan publik.

Menurutnya, ombudsman senantiasa mendorong penanganan persoalan layanan publik oleh lembaga layanan publik itu sendiri.

"Kami mendorong agar lembaga pelayanan publik mampu menangani persoalannya sendiri tanpa harus melalui ombudsman."

"Ombudsman itu sebenarnya juga ada di instansi-instansi lain misal di pemerintahan ada inspektorat, di tiap dinas ada bagian layanan pengaduan, dan sebagainya," ujarnya.

Ditambahkannya, audiensi yang mereka lakukan tersebut bertujuan untuk bertukar informasi dan pengalaman untuk menciptakan pelayanan publik yang baik.

Dijelaskannya, layanan publik memiliki cakupan yang luas. Oleh karena itu untuk meminimalisir terjadinya persoalan, lembaga pelayanan publik harus menyediakan informasi tentang pelayanan yang diberikan.

"Ada satu pertanyaan yang terus ditanyakan apa wewenang ombudsman dalam membuat keputusan."

"Untuk diketahui bahwa keputusan yang dibuat ombudsman perwakilan juga menjadi keputusan ombudsman pusat. Keputusan ombudsman bersifat final tidak ada banding," ujarnya.

Sementara itu, Plh Sekda Kota Palembang K Sulaiman Amin mengatakan, audiensi tersebut merupakan wahana sharing dalam meningkatkan pelayanan Pemerintah Kota Palembang kepada masyarakat.

Pemerintah Kota Palembang terus berupaya melakukan optimalisasi program kerja dalam rangka meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.

"Walikota dan Wakil Walikota Palembang telah menekankan kepada jajaran Pemerintah Kota Palembang untuk terus mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat," pungkasnya. (rel)

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved