Sikat Gigi, Ini Cara Mengajarkan Anak Sadar Jaga Kebersihan Gigi

Kesadaran anak untuk menjaga kebersihan giginya dapat dilatih sejak anak atau bayi mulai tumbuhnya gigi susu pertama ke rongga mulut di usia 6 bulan

Sikat Gigi, Ini Cara Mengajarkan Anak Sadar Jaga Kebersihan Gigi
TRIBUNSUMSEL.COM/ARI WIBOWO
Suasana pelajar SD didampingi gurunya mengikuti kampanye sikat gigi massal di PALI 

Pertanyaan :

BAGAIMANA mengajarkan anak supaya sadar untuk menjaga kebersihan gigi. Anak saya usia 11 tahun, tapi malas menyikat gigi.

Jawaban drg Vitri Nurilawaty, M Kes

Biasakan Sejak Kecil

MALAS menyikat gigi merupakan perilaku yang dapat terbentuk pada saat anak sejak masih usia dini, yang lama kelamaan akan menjadi kebiasaan yang buruk.

Kesadaran anak untuk menjaga kebersihan giginya dapat dilatih sejak anak atau bayi mulai tumbuhnya gigi susu pertama ke rongga mulut yaitu usia 6 bulan.

Pada saat anak usia batita, balita bahkan anak umur 6 tahun, masih sangat membutuhkan bantuan dan bimbingan dari orangtuanya, terutama peran ibu.

Waktu yang tepat membersihkan gigi pada saat anak masih usia bayi yang belum mengenal makan tambahan adalah setelah minum susu baik ASI maupun susu formula.

Setelah anak telah mengenal makanan tambahan, dianjurkan ibu mulai membiasakan membersihkan gigi anaknya secara rutin.

Setelah gigi susu telah tumbuh lengkap, dianjurkan membiasakan menyikat gigi dengan bulu sikat yang halus secara rutin yaitu setelah makan dan sebelum tidur.

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved