Wisata dan Kuliner Palembang

Tempat Beli Pempek Palembang, Cocok untuk Oleh-oleh, Lokasi di Tengah Kota, Ini Rekomendasinya

Cari pempek enak di Palembang, Usaha pempek di semua sudut kota Palembang membuat pengusaha pempek harus putar otak agar

Tempat Beli Pempek Palembang, Cocok untuk Oleh-oleh, Lokasi di Tengah Kota, Ini Rekomendasinya
Tribunsumsel.com
Pempek Enak di Palembang 
Cari Pempek Enak di Palembang
TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-  Usaha pempek di semua sudut kota Palembang membuat pengusaha pempek harus putar otak agar bisa meraih dan mempertahankan eksistensinya sendiri.
Salah satu upaya agar usaha makanan khas Palembang ini tetap bisa tetap diminati pelakunya salah satunya dengan memiliki indentitas diri yang membedakan produk sejenis dari produk buatan toko lainnya.
Salah satunya yakni mempertahankan ciri dan cita rasa khas Palembang yakni dari bahan dasar olahan pempek yang terbuat dari ikan sungai.
"Pempek itu kan makanan khas Palembang dan ikan khas Palembang itu ikan sungai yakni Gabus, kalau ada yang buat dari ikan Tenggiri dan lainnya itu sudah modifikasi karena itu ikan laut," ujar Mgs Agus Sarifuddin, Owner Resto Pempek Mangdin 769 cabang II
Dikatakan Agus jika awalnya mengeluti usaha pempek dan oleh-oleh Palembang kerupuk juga kemplang merupakan suatu kebetulan saja.
Karena dulunya saat membuat pempek berawal dari ketidak sengajaan
Rumah orangtuanya mang Din yang berlokasi di 1 Ulu.
 
 
Dulu merupakan tempat singahnya pedagang yang berjualan dari sejumlah kawasan di hilir Palembang yakni Sungsang, jalur dan lainnya.
Sehingga saat usai pulang berjualan orangtuanya kerap mendapat ikan gabus gratis sisa pedagang yang tidak habis dijual.
Ikan gabus segar ini diberikan cuma-cuma karena pedagang enggan membawanya pulang karena berat dan harganya juga murah sehingga memilih diberikan saja.
Dari sinilah kemudian Mangdin membuat pempek untuk konsumsi sendiri.
Lama kelamaan setiap hari mendapat ikan gabus gratis dalam jumlah besar membuatnya kehabisan akan mengolah pempek yang hanya dikonsumsi sendiri dan dibagikan lagi pada tetangga.
Binggung akan diolah menjadi apalagi ikan gabus ini akhirnya ada solusi yang menjadikan cikal bakal usaha pempek Mangdin.
"Saat itu ada tetangga yang lagi hajatan dan pesan minta dibuatkan pempek, dari situlah mulai membuat pempek dijual di depan rumah menggunakan terpal (tenda) dan terus berkembang hingga kini," cerita Agus.
Nama usahanya diberi nama Mangdin karena sesuai nama orangtuanya yakni Mangdin dan 679 adalah nomor rumah orangtuanya di kawasan 1 Ulu yang kini dikenal sebagai pusat oleh-oleh kerupuk dan kempelang khas Palembang.
Setiap hari resto yang kelola generasi kedua Mangdin ini bisa mengabiskan 30-50 kilo ikan gabus.
Pelanggannya ada yang dari Palembang tapi banyak pula yang minta dikirim paket ke luar kota.
Resto Pempek Mangdin ini juga menjadi salah satu dari sekian banyak merchant Tribun Family Card (TFC).
Alamat Pempek Mangdin 679
Cabang 1 : Jl. Radial No.668
(0711) 364311
Cabang 2 : Jl. H Faqih Usman No.2581
 
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved