Pemilu 2019

Pemasangan APK Kampanye Caleg di Tempat Perseorangan Harus Izin Tertulis dari Pemilik Lokasi

Sanksinya jika melanggar, maka APK yang dipasang tidak sesuai dengan aturan berlaku maka APK yang dipasang akan dilepas

Pemasangan APK Kampanye Caleg di Tempat Perseorangan Harus Izin Tertulis dari Pemilik Lokasi
Sripo/ Wawan Septiawan
Fofo Ilustrasi : Tampak sejumlah APK hasil penertiban Sat Pol PP Kota Pagaralam disejumlah kawasan yang dilarang Perda, Kamis (18/10/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM,BATURAJA-Ketua Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Dewantara Jaya mengingatkan agar peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 harus memahami aturan kampanye.

Hal ini disampaikan pada Rapat Kordinasi (Rakor), Pemasangan Pengawasan Alat Peraga Kamapanye (APK) di Sekretriat Bawaslu OKU, Kamis (18/10/2018).

Hadir dalam kegiatan itu, Panwascam Kecamatan se-OKU, perwakilan Partai Politik (Parpol), peserta pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ia menjelaskan, peserta pemilu harus memahami dan mematuhi aturan kampanye.

Dengan demikian pemasangan APK sesuai dengan titik-titik yang ditetapkan.

"Ada beberapa tempat yang dilarang memasang APK. Pertama tempat ibadah, rumah sakit, Gedung atau fasilitas milik pemerintah dan lembaga pendidikan," kata Dewantara.

Pemasangan APK boleh dipasang di tempat milik perseorangan dengam syarat mendapat izin tertulis dari pemilik lokasi pemasangan.

"Sanksinya jika melanggar, maka APK yang dipasang tidak sesuai dengan aturan berlaku maka APK yang dipasang akan dilepas," ungkapnya.

Disamping itu, Ketua KPU Kab OKU, Naning Wijaya menjelaskan, PKPU tahun 2018, tentang Kampanye didukung dengan Putusan KPU RI, tentang pwtunjuk teknia fasilitasi metode Kampanye dalam Pemilu 2019.

Dalam petunjuk teknis ini kata Naning, APK dicetak KPU kemudian dipasang oleh peserta Pemilu.

Naning menambahkan, saat ini APK kampanye memang belum dipasang.
Saat ini pihak KPU OKU kata Naning mereka sudang mengirim proses lelang.

"Kita juga masih menunggu desain APK dari peserta pemilu. Sampai saat ini baru ada dua parpol peserta pemilu yang sudah menyerahkan desain APK," ucapnya.

Penulis: Retno Wirawijaya
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved