Berita Sriwijaya FC

Manajemen SFC Minta Tolong, Suporter Jangan Lakukan Chant SARA & Koreografi Hinaan

Jadi ini imbauan untuk suporter dan kita semua agar tetap memberikan dukungan tanpa mengandung hal-hal tersebut

Manajemen SFC Minta Tolong, Suporter Jangan Lakukan Chant SARA & Koreografi Hinaan
Kompas.com
Suporter Menghidupkan Flare di Dalam Stadion 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Weni Wahyuny

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Manajemen Klub Sriwijaya FC menerima surat edaran dari Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait dengan penghentian permainan karena SARA, politik dan hinaan sesuai dengan hasil keputusan rapat Komite Eksekutif PSSI 8 Oktober 2018 lalu. 

Sekretaris PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM), Faisal Mursyid mengatakan penghentian sementara permainan sepakbola dilakukan saat adanya nyanyian dan/atau koreografi oleh suporter yang mengandung unsur SARA (Suku Ras dan Agama), pesan politik dan penghinaan.

Baca: Hasil Babak Pertama, Persebaya Tertinggal Oleh Borneo FC, Tonton Streamingnya Disini

“Jadi ini imbauan untuk suporter dan kita semua agar tetap memberikan dukungan tanpa mengandung hal-hal tersebut,” kata Faisal, Sabtu (13/10/2018).

Faisal melanjutkan sesuai dengan isi surat, jika ditemukan adanya pelanggaran tersebut maka pengawas pertandingan adalah satu-satunya pihak yang berwenang untuk memberikan notifikasi atas nyanyian & koreografi yang termasuk dalam definisi diatas kepada Wasit Cadangan (Fourth Official).

Kemudian Wasit cadangan (Fourth Official) meneruskan informasi tersebut kepada Wasit (Referee) dan wasit dapat kemudian menghentikan sementara permainan.

Baca: Thierry Henry Resmi Latih Falcao dkk di AS Monaco, Debut Pertama Lawan Starsbourg

“Penghentian permainan dilakukan hingga nyanyian dan/atau koreografi dinyatakan tidak lagi mengandung SARA, Pesan Politik, Penghinaan dan berdasarkan petunjuk/aba-aba dari pengawas pertandingan,” jelas Faisal.

Kapan permainan akan kembali dimulai?

Faisal melanjutkan permaina akan dimulai kembali berdasarkan ketentuan yakni jika pada saat dihentikan, bola ada diluar permainan, maka permainan dijalankan kembali berdasarkan posisi ketika bola tersebut diluar permainan (throw in, corner kick, penalty kick, free kick).

Yang kedua apabila pada saat dihentikan, bola ada didalam permainan, maka permainan akan dimulai dengan dropped ball.

Pemain disarankan untuk menunjukkan sikap fairplay dengan membuang bola keluar lapangan

“Setelah 3 kali penghentian permainan dilakukan dan kejadian terulang, maka wasit dapat menghentikan permainan sepenuhnya dan menyatakan pertandingan selesai. Status pertandingan diserahkan kepada PSSI,” jelas Faisal.

Penulis: Weni Wahyuny
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help