Dr Ria Lumintuarso : Media Sebagai Edukator Pencerdas Masyarakat Tentang Olahraga

Selain Pelatih, latihan, fisik yang kuat, dibalik prestasi seorang atlet yang bersinar ada peran media di dalamnya

Dr Ria Lumintuarso : Media Sebagai Edukator Pencerdas Masyarakat Tentang Olahraga
Tribunsumsel.com/ Euis RS
Dr Ria Lumintuarso 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Selain Pelatih, latihan, fisik yang kuat, dibalik prestasi seorang atlet yang bersinar ada peran media di dalamnya.

Namun, tidak hanya sekedar menjadikan atlet sebagai bintang yang bersinar pada masanya, tapi juga harus menjadi alat edukasi bagi masyarakat untuk memahami bahwa olahraga tidak hanya tentang menang dan kalah.

Baca: 55 Pelatih Fisik Digembleng Untuk Angkat Prestasi Indonesia dan Jadikan Tuan Rumah Olimpiade 2032

Ketua LP2O Lankor , Dr Ria Lumintuarso mengatakan dewasa ini masyarakat sebagai penonton atau pemirsa media belum memahami dengan benar isi keseluruhan mengenai olahraga yang kerap dipublikasikan, baik lewat media cetak dan elektronik.

Pihaknya menginginkan rekan media tidak hanya sekedar memberitakan, namun ada nilai pendidikan di dalamnya ketika isi berita olahraga di publikasi kepada masyarakat.

Baca: Beredar Pesan Gempa Susulan Magnitudo 8,4 SR dan Tsunami Madura, Jumat Pukul 22.45, Kata BMKG

Ia menyebut ada nilai-nilai olahraga yang tidak dipahami oleh masyarakat Indonesia.

 “Itu mereka semacam belum paham dalam memandang olahraga ini, mereka hanya taunya menang kalah, tetapi olahraga itu kan bukan sekedar menang kalah, tetapi itu ada peningkatan gaya hidup masyarakat”,

“supaya masyarakat bisa memahami bagaimana nikmatnya berolahraga, nilai-nilai olahraga, nah nilai-nilai olahraga ini yang sekarang Indonesia itu justru kontraproduktif karena kami maunya sportifitas”, jelasnya.

Untuk itulah pihaknya berharap agar media dapat menjadi educator, penyampai berita yang berisikan pendidikan olahraga dengan baik, supaya masyarakat tidak hanya tau soal menang kalah dalam sebuat pertandingan olahraga yang disiarkan.

“Media sebagai pendorong atau pendukung untuk memberikan isi nilai berita agar masyarakat paham tentang olahraga yang sesungguhnya. Bukan hanya sekedar memberitakan saja. Ada pendidikan didalamnya”,

“Kita maunya Berjaya dan bersahabat, tetapi kenyataannya tidak seperti itu. Buktinya sekarang ketika munculnya lagu Asian Games yang dimunculkan begitu massif dalam beragam bahasa dan pembukaan Asian Games itu dibantu oleh media kenyataannya olahraga itu sebagai industi yang besar”, pungkasnya.

Penulis: Euis Ratna Sari
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved