55 Pelatih Fisik Digembleng Untuk Angkat Prestasi Indonesia dan Jadikan Tuan Rumah Olimpiade 2032

Pelatihan fisik dianggap penting, karena dapat menjadi sumber kekuatan atlet, selain memiliki strategi yang ciamik dan hebat

55 Pelatih Fisik Digembleng Untuk Angkat Prestasi Indonesia dan Jadikan Tuan Rumah Olimpiade 2032
Tribunsumsel/Euis
Pembukaan pelatihan pelatih fisik ini dilaksanakan oleh Asosiasi Magister Keolahragaan Indonesia (AMKORI) Pusat dan turut dihadiri oleh Abas Akbar seorang mantan altlet Nasional dan pelatih nasional cabang olahraga pencak silat, Dr. Ria Lumintuarso ketua LP2O Lankor Sunardi yang merupakan bagian dari Komite Bidang Pembinaan PSSI Palembang, Devy Tirta M.Or selaku Ketua Kursus Pelatih Fisik Indonesia, serta hadirnya Pemred Tribun Sumsel, Wenny Ramdiastuti 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel, Ahmad Yusuf Wibowo membuka secara resmi kegiatan pelatihan pelatih fisik kepada 55 peserta pelatih level 1, di Gedung C Wisma Atlet, Jakabaring Sport City Palembang.

Dalam pembukaannya, Kadispora Sumsel membuka pelaksanaan kegiatan dan memaparkan sejarah multievent olahraga berlangsung di Palembang, ia mengungkapkan pelatihan fisik kerap kali dianggap sepele karena para atlet seringkali hanya mendapat pelatihan tak-tik atau strategi bermain saja.

Baca: Beredar Pesan Gempa Susulan Magnitudo 8,4 SR dan Tsunami Madura, Jumat Pukul 22.45, Kata BMKG

“Fisik yang kuat itu perlu, seringkali dinafikan itu tidak boleh, meskipun punya taktk atau strategi yang hebat, tapi tidak punya fisik yang kuat, ya akan percuma saja, makanya untuk melahirkan atlet kuat dan hebat dimasa yang akan datang, pelatihan pelatih fisik ini sangat perlu dilakukan”, kata Yusuf.

Baca: Kisah Presiden Soekarno Relakan Indonesia Gagal Masuk Piala Dunia 1958 Demi Bela Palestina

Pembukaan pelatihan pelatih fisik ini dilaksanakan oleh Asosiasi Magister Keolahragaan Indonesia (AMKORI) Pusat dan turut dihadiri oleh Abas Akbar seorang mantan altlet Nasional dan pelatih nasional cabang olahraga pencak silat, Dr. Ria Lumintuarso ketua LP2O Lankor Sunardi yang merupakan bagian dari Komite Bidang Pembinaan PSSI Palembang, Devy Tirta M.Or selaku Ketua Kursus Pelatih Fisik Indonesia, serta hadirnya Pemred Tribun Sumsel, Wenny Ramdiastuti.

Ketua LP2O Lankor , Dr Ria Lumintuarso mengatakan para pelatih di Indonesia masih menolak  dalam melihat situasi betapa pentingnya latihan fisik, masih belum memahami bagaimana melatih fisik untuk perbedaan cabang-cabang olahraga. Para pelatih masih memandang latihan fisik hanya mengganggu latihan teknik, disini terdapat kontraproduktif.

Baca: PSSI Usai Sanksi Persib dan Arema FC, Kini AFC Menghukum PSSI, Ini Denda dan Alasannya

Padahal, menurutnya latihan fisik merupakan salah satu faktor penentu prestasi para atlet, dan dapat menjadi peningkatan performa atlet saat bertanding.

“Fisik menjadi salah satu faktor penentu dalam sebuah prestasi olahraga, oleh karena itu kita harus bisa mengetahui sebagai seorang pelatih, apa yang harus kita latih dan bagaimana cara melatih dan kapan latihan fisik ini diberikan pada setiap periodesasinya”,

“jadi kalau kita sudah menguasai sebuah cabang olahraga tanpa fisik maka standart performa atlet akan turun, karena fisik merupakan salah satu penentu prestasi. Sehingga dalam pelatihan ada 4 komponen penting,yaitu  teknik, fisik sebagai peningkatan kualitas kemampuan untuk prestasi, taktik, dan mental”. Katanya.

Dalam hal ini pihaknya akan melatih para pelatih muda untuk mengarahkan bagaimana melatih fisik atlet sebagai latihan fisik yang mendukung latihan teknik untuk para atlet.

“nah dengan pelatihan pelatih fisik ini kita menemukan jalan bersama untuk memadukan fisik dan teknik. Jadi kalau fisik itu biasanya dipandang sebagai sifatnya umum itu memang iya, tpai ada fisiknya bentuknya teknik. Sehingga itulah yang akan mendukung latihan fisik itu kita arahkan ke fisik yang mendukung teknik”, tambahnya.

Pelatihan pelatih fisik ini merupakan yang ke 26 secara Nasional, dan ketiga kalinya di Palembang. sebanyak 55 peserta pelatih fisik pemula ini berasal dari Sumsel, Bengkulu, Bangka, Jakarta, Padang, Batam, Pekanbaru, dan Yogyakarta.

Pelatihan pelatih fisik level 1 Nasional ini akan diselenggarakan sejak tanggal 11 hingga Oktober 2018 dengan tema program melahirkan 10 ribu pelatih fisik nasional, menyongsong Indonesia sukses prestasi dan tuan rumah olimpiade 2023.

Penulis: Euis Ratna Sari
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help