Berita Palembang

Pekan Ekonomi Nasional Sriwijaya (PENAS) Gelar Seminar Bisnis Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0

Salah satu kegiatan yang diadakan oleh PENAS adalah memberikan Seminar Nasional dengan tema 'Bisnis Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0'.

Pekan Ekonomi Nasional Sriwijaya (PENAS) Gelar Seminar Bisnis Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0
Tribun Sumsel/ Shinta Dwi Anggraini
Seminar Pekan Ekonomi Nasional Sriwijaya (PENAS) 2018 Jilid IV dengan tema 'Bisnis Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0' di Gedung Pasca Sarjana Unsri, Jalan Padang Salasa (11/10/2018) 

TRIBUNSUMSEL. COM, PALEMBANG-Semakin ketatnya persaingan bisnis di era revolusi Industri 4.0, menuntut berbagai pihak khususnya kaum milenial untuk selalu bertindak dan berpikir kreatif.

Hal ini pula yang mendasari kegiatan Pekan Ekonomi Nasional Sriwijaya (PENAS) 2018 Jilid IV yang diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi (BEM FE) Universitas Sriwijaya (Unsri).

Salah satu kegiatan yang diadakan oleh PENAS adalah memberikan Seminar Nasional dengan tema 'Bisnis Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0'.

Berlokasi di Gedung Pasca Sarjana Unsri, Jalan Padang Salasa, seminar ini diikuti sebanyak 150 mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, Kamis (11/10/2018).

Baca: Berhasil Registrasi di Sscn.bkn.go.id, Saatnya Latihan Soal, Ini 15 Kisi-kisinya, Download Di Sini

Baca: Ini 7 Sebab Indonesia Rawan Diguncang Gempa Bumi, Diantaranya Terletak di Titik pertemuan 3 Lempeng

Ketua Pelaksanaan, Deden Muhammad mengatakan, PENAS merupakan kegiatan tahunan yang rutin diadakan sejak tahun 2014 lalu.

"Tahun ini kami memang sengaja mengangkat tema persaingan bisnis di era revolusi 4.0. Mengingat saat ini, kecanggihan teknologi tidak terlepas dalam segala hal. Termasuk di dunia usaha, " ujarnya.

Selain seminar, ada pula beberapa lomba yang akan diadakan yaitu Short Movie Competition, Karya Tulis Ilmiah, Economic Olympiade, Kompetisi Debat dan Bisnis Plan.

"Peserta kegiatan ini berasal dari Universitas di beberapa daerah di Indonesia yaitu Bali, Medan, Jogja, Padang, Lampung dan tentunya juga kota Palembang dengan jadwal pelaksanaan mulai dari tanggal 11 hingga 14 Oktober nanti, " ujarnya.

Deden berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kesadaran serta motivasi bagi para mahasiswa untuk dapat lebih kreatif serta tidak kalah saing dalam ketatnya dunia kerja dan UMKM.

Baca: Berita Muba-Jadi Kabupaten Pertama di Indonesia Bangun Jalan Aspal Campur Serbuk Karet Alam

Baca: Mahasiswa di Palembang Jadi Mucikari, Tawarkan Jasa 2 Wanita Panggilan di Grup Komunitas Facebook

"Sebagai penerus bangsa tentu kami harus siap dalam menghadapi semua persaingan yang ada. Untuk itu, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi bagi kami supaya lebih bisa kreatif dalam menciptakan inovasi baru yg sesuai dengan perkembangan zaman, " tuturnya.

Sementara itu, Kepala Tim Advisory Ekonomi dan Keuangan Bank Indonesia kantor wilayah Provinsi Sumsel, Wahyu Juwana Hidayat SE MA sangat menyambut positif kegiatan ini.

"Era Revolusi 4.0 merupakan eranya anak muda. Harusnya mereka dapat sangat berkompeten untuk memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini supaya bisa bergabung menjadi bagian dalam dunia usaha, " ujarnya saat ditemui usai menjadi pembicara dalam seminar Nasional PENAS jilid IV.

Ia berharap, kedepannya anak-anak muda khususnya anak milenial harus bisa menciptakan UMKM yang lebih berkelas.

"Kalau dulu bisnis UMKM banyak jumlahnya, tapi dengan skala yang kecil karena hanya menggunakan cara konvensional, namun sekarang anak milenial harus bisa menciptakan usaha UMKM yang berskala besar dengan menggunakan segala kecanggihan teknologi yang ada, " harapnya.

Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help