Berita Muba

Kemenkes Nobatkan Pusat Rehabilitasi Pengguna Napza di Muba Jadi Percontohan Nasional

Secara konsisten sudah berjalan di Muba, pusat rehabilitasi pengguna Napza di Muba dinobatkan Kemenkes sebagai pusat rehab percontohan

Kemenkes Nobatkan Pusat Rehabilitasi Pengguna Napza di Muba Jadi Percontohan Nasional
Istimewa
Bupati Muba Dodi Reza Alex (tengah) dan Wakil Bupati Muba Beni Hernedi (kiri) 

TRIBUNSUMSEL.COM, SEKAYU-Pengguna narkoba hampir setiap tahun dipastikan jumlahnya meningkat.

Di bumi Serasan Sekate tercatat dari data Kejaksaan Negeri Muba, pelanggaran narkotika di Muba dari 2016-2017 meningkat.

Pelanggaran narkotika di 2016 ada 143 perkara dan di 2017 meningkat menjadi 170 perkara.

Berdasarkan catatan Polres Muba dari hasil wawancara media dengan Kapolres Musi Banyuasin, AKBP Andes Purwanti tercatat 571 jiwa berstatus orang dengan gangguan jiwa dan didominisasi mengkonsumi Narkoba dan keterantungan narkoba.

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin bersama aparat penegak hukum tidak diam saja, bahkan Pemkab Muba dibawa komando Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin terus berupaya menekan angka pengguna dan korban Napza (Narkoba, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya).

Bagaimana caranya? Tentunya Memberikan sosialisasi bersama stakeholder terkait dan upaya pencegahan dan upaya penanggulangan korban narkotika.

Dalam hal pelayanan pengguna Napza Pemda Muba melalui Dinas Kesehatan telah menyiapkan pusat rehabilitasi rawat jalan dan rawat inap.

Kegiatan rehabilitasi rawat pengguna napza Puskesmas Tebing Bulang Kecamatan Sungai Keruh dan rehabilitasi Rawat Inap RSUD Bayung Lencir.

SDM dan regulasi rehabilitasi di dua tempat itu sudah diakui sebagai IPWL (instansi Penerima Wajib Lapor).

IPWL merupakan langkah dari Pemda yang bukan hanya sekedar pemberantasan tapi juga proses rehabilitasi pecandu yang bersinergi dengan institusi terkait seperti kepolisian dan kementerian kesehatan.

Halaman
123
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved