Pemilu 2019

Boni Hargens Ungkap Hoaks Model Baru Dalam Kampanye Politik

Hal tersebut disebutnya sebagai politik kebohongan yang tentu dapat merusak peradaban demokrasi

Boni Hargens Ungkap Hoaks Model Baru Dalam Kampanye Politik
ilustrasi hoax 

TRIBUNSUMSEL.COM - Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), Boni Hargens menilai kasus hoaks atau berita bohong penganiayan aktivis Ratna Sarumpaet merupakan model baru dalam kampanye politik.

"Demokrasi elektoral mengambil bentuk yang paling buruk melalui "permainan hoaks" sebagai model baru kampanye politik," kata Boni saat menjadi pembicara diskusi berjudul 'Politik Kebohongan dan Demokrasi Elektoral' di Gado-Gado Boplo Satrio, kawasan Setia Budi, Jakarta Selatan, Sabtu (6/10/2018).

Baca: Sutradara Ini Disebut Sindir Ratna Sarumpaet Usai Unggah Foto Wajah Begini, Lihat Captionnya

"Sejalan dengan politik identitas yang berkembang kuat sejak tahun 2016, kampanye hitam melalui penyebaran fitnah dan rekayasa fakta pun berkembang," sambung Boni.

Baca: (Video) Live Streaming Indosiar Sriwijaya FC vs Bali United Pukul 18.30 WIB, , Tekad Kemenangan SFC

Boni menjelaskan, berita hoaks tersebut bisa membentuk persepsi politik masyarakat.

Hal tersebut disebutnya sebagai politik kebohongan yang tentu dapat merusak peradaban demokrasi.

"Daya rusak dari politik kebohongan bersumber pada energi kebencian yang menggerakkan para pelaku politik untuk memobilisasi dukungan dengan menebar fitnah, ilusi dan propaganda hitam yang tidak berbasis fakta," tegasnya. 

Boni pun menganalisis alasan politik kebohongan dimainkan sebagai bentuk kampanye.

Boni mengatakan ada dua situasi yang dapat membentuk politik kebohongan.

"Pertama, kubu penantang mengalami kebuntuan dalam menyajikan narasi politik yang rasional yang berbasis gagasan dan program. Oposisi menjadi tidak kreatif bahkan tidak cerdas dalam membangun kritik," sebut Boni.

"Kedua, Jokowi sebagai petahana sulit dilemahkan dengan pendekatan kinerja atau dengan membedah sosok. Kinerja pemerintahan yang berjalan dengan normal dan sosok Jokowi yang masih menjadi magnet publik adalah hambatan terbesar bagi oposisi untuk melakukan upaya delegitimasi dengan cara yang elegan dan etis. Politik kebohongan adalah jalan pintas," pungkas Boni.

Sebelumnya, Ratna Sarumpaet mengaku sebagai pembuat hoaks terbaik dalam drama penganiayaan dirinya di Bandung. Ratna meminta maaf kepada banyak pihak, termasuk kepada pihak yang selama ini dikritiknya. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Direktur LPI: Permainan Hoaks Jadi Model Baru Kampanye Politik, http://www.tribunnews.com/nasional/2018/10/06/direktur-lpi-permainan-hoaks-jadi-model-baru-kampanye-politik.

Editor: Siemen Martin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help