Berita OKI

Pencak Silat Jadi Cabor Andalan OKI, Ini Alasannya

Jika sebelumnya Sky Air dan Wushu menjadi cabang olahraga (Cabor) unggulan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)

Pencak Silat Jadi Cabor Andalan OKI, Ini Alasannya
MAT BODOK
Ketua KONI Kabupaten OKI, Ir H Hapis MM 

Laporan Wartawan Sripoku.com, Mat Bodok

TRIBUNSUMSEL.COM, KAYUAGUNG -- Jika sebelumnya Sky Air dan Wushu menjadi cabang olahraga (Cabor) unggulan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), tahun 2018 ini giliran Pencak Silat bersanding bersama Wushu menjadi cabor unggulan Bumi Bende Seguguk, Rabu (26/9/2018).

Terpilihnya dua cabor ini bukan tidak beralasan, sebab dalam berbagai even kejuaraan baik tingkat daerah maupun Nasional, cabor-cabor inilah yang kerap menyumbang medali bagi daerah asal.

Sementara Ski Air yang sebelumnya menjadi olahraga kebanggaan, karena atletnya mengharumkan nama Kabupaten OKI dan Sumsel dengan meraih medali Emas tingkat internasional, harus tersingkir karena pada beberapa even terakhir tidak mampu meraih podium. Bahkan, pada ajang Porprov 2017 lalu OKI harus puas duduk di peringkat ke 7 karena tidak banyak memperoleh medali.

Ketua KONI Kabupaten OKI, Ir H Hapis MM didampingi Ketua Harian, Beni Refid mengatakan, terpilihnya dua cabor tersebut menjadi cabor unggulan Kabupaten OKI atas kesepakatan semua pengurus cabor (Pengcab) yang ada di Bumi Bende Seguguk.

“Walaupun cabor-cabor lain juga pernah mendulang prestasi, namun kedua cabor unggulan ini tidak pernah absen prestasi,” ungkap Hapis saat rapat dengan pengurus-pengurus cabor di Gor Biduk Kajang.

Dikatakannya, sesuai petunjuk dari KONI Sumsel, setiap kabupaten/kota harus fokus dalam mengembangkan cabang olahraga, terutama untuk cabor-cabor unggulan yang kerap menjadi andalan dalam menyumbangkan medali. “Jadi kedepan, pemerintah daerah lebih fokus dalam memajukan olahraga-olahraga unggulan ini. Selain itu, Pemerintah Provinsi juga tidak sulit jika ingin mencari atlet, cukup mengambil dari kabupaten/kota sesuai cabor yang menjadi unggulan,” tutur Hapis.

Sekretaris KONI OKI, Sirni Lestari SAg menambahkan, berkenaan dengan agenda Porprov tahun 2019 di Prabumulih, pihaknya berharap kepada setiap cabor untuk mempersiapkan atlet-atletnya yang akan diturunkan serta menargetkan agar cabor-cabor yang ada dapat menyumbangkan medali.

“Mungkin sama seperti tahun lalu, ada 27 Cabor disiapkan panitia pada Porprov di Prabumulih nanti. Ya harapan kami setiap cabor dapat meraih medali,” ucap Sirni.

Sedangkan Ketua Askab PSSI OKI, H Subhan Ismail mengaku, pihaknya akan melakukan persiapan yang matang dengan mengevaluasi dan menyiapkan atlet sepakbola OKI yang terbaik agar pada ajang Porprov mendatang mampu mengharumkan nama baik Kabupaten OKI. “Pokoknya kami akan melakukan yang terbaik untuk OKI yang kita cintai ini,” tandas Subhan. 

SRIPOKU.COM/MAT BODOK

Ketua KONI Kabupaten OKI, Ir H Hapis MM 

Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved