Berita Muara Enim

Pemkab Muaraenim Minta Gubernur Baru Lunasi Utang Pemprov Sumsel Rp 66 Miliar Lebih, Ini Rinciannya

Anggota DPRD Sumsel dapil VI berjanji bantu selesaikan utang Pemprov Sumsel untuk dibayarkan ke Pemerintah Kabupaten Muaraenim

Pemkab Muaraenim Minta Gubernur Baru Lunasi Utang Pemprov Sumsel Rp 66 Miliar Lebih, Ini Rinciannya
Tribun Sumsel/ Ika Anggraini
Kegiatan reses yang dilakukan oleh Anggota DPRD Sumsel dapil VI ke Pemkab Muaraenim, Rabu (26/9/2018). 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com,Ika Anggraeni

TRIBUNSUMSEL.COM,MUARAENIM- Anggota DPRD Sumsel dapil VI berjanji akan bantu selesaikan utang Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel untuk dibayarkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muaraenim.

Hal ini terungkap dalam kegiatan reses yang dilakukan oleh Anggota DPRD Sumsel dapil VI ke Pemkab Muaraenim, Rabu (26/9/2018).

Pantauan di lapangan, adapun anggota DPRD Sumsel yang hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Rizal Kennedy dari PPP, Kamirul dari Partai Hanura, Edi Rianto dari Partai Nasdem, Asgianto ST dari Partai Gerindra dan Aswandi dari PDI Perjuangan.

Baca: Sederet Pemain Persib Turut Berduka Meninggalnya Haringga Sirla dan Beri Pesan Ini ke Semua Suporter

Baca: (Video) Live Streaming Piala AFC Timnas Indonesia U-16 vs India, Kamis (27/9) Pukul 19.00 WIB

Kedatangan anggota DPRD Sumsel inipun disambut oleh Bupati Muaraenim Ahmad Yani dan Wakil Bupati Juarsah.

Kamirul selaku ketua rombongan mengatakan, kedatangan mereka ke Kabupaten Muaraenim untuk mengetahui sejauh mana dan berapa banyak utang Pemprov Sumsel yang menjadi hak Kabupaten Muaraenim.

"Kami ingin tahu detailnya, sehingga pada tahun 2019 mendatang diharapkan tidak ada lagi utang Pemprov Sumsel ke Pemkab Muaraenim," katanya.

Baca: Pasca Asian Games 2018, Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Meningkat, Ini Penjelasannya

Baca: Tangkap Pelaku Penimbun BBM, Kapolres OKU Sebut Ada Keterlibatan Petugas SPBU

Sementara itu dikatakan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Muaraenim, Rinaldo SSTP MM bahwa untuk utang Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Provinsi Sumsel tahun 2016 sebesar Rp 54.701.709.351.54 sudah selesai dibayar.

"Namun untuk utang yang tersisa adalah utang tahun 2017 sebesar Rp 48.335.602.118.20 dan sementara untuk tahun 2018 DBH yang dibayarkan baru hingga bulan Mei sebesar Rp 40 Miliar seharusnya sudah lebih dari itu, dan kami harap dengan gubernur yang baru nanti utang-utang tersebut dapat segera dilunasi," jelasnya.

Tak hanya itu juga pihaknya juga meminta agar pemprov Sumsel dapat juga membayar utang program Jamsoskes yang tersisa sekitar Rp 15 Miliar.

Baca: Kenali Sebelum Parah, Hal-hal Sepele Ini Ternyata Gejala Awal Diabetes

Baca: Polres Muaraenim Bongkar Sindikat Pembuat SIM Palsu, Pelaku Ungkap Belajar dari Internet

"Karena dari hutang yang ada sekitar Rp 33.1 Miliar baru dibayar Rp 17.2 Miliar sehingga sisanya masih ada Rp 15.8 Miliar," katanya.

Menanggapi hal itu, Anggota DPRD Sumsel dari partai PPP mengatakan terkait hutang-hutang tersebut pihaknya akan membantu untuk menyelesaikannya.

" Untuk hutang program berobat gratis tersebut sisanya sebesar Rp 15 Miliar, itu sudah dianggarkan, mudah-mudahan tahun ini akan selesaikan, mungkin sekitar november sudah bisa dibayarkan,"pungkasnya.

Penulis: Ika Anggraeni
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help