Pemeriksaan pra Nikah Catin Upaya Deteksi Dini Rubella

Virus Rubella bahkan menyerang syaraf pada tubuh manusia hingga menyebabkan kelainan atau cacat.

Pemeriksaan pra Nikah Catin Upaya Deteksi Dini Rubella
Kolase Tribunsumsel.com/ Net
Rubella 

PALEMBANG, TRIBUN - Program pemberian vaksin Measles dan Rubella (MR) yang awalnya hanya sampai akhir September kini diperpanjang sampai akhir Oktober mendatang. Perpanjangan waktu imunisasi ini karena masih minimnya realisasi dari yang ditargetkan.

"Melihat realisasi vaksin MR di Sumatera Selatan baru 47 persen maka pemberikan vaksin MR secara gratis ini diperpanjang sampai 31 Oktober," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel, Lesty Nurainy, Senin (24/9).

Imunisasi Measles dan Rubella ditujukan sebagai penguat imun tubuh dari terkena virus tersebut. Sebab, berdasarkan penularannya, virus Rubella bisa tertular meski hanya lewat batuk dan bersin.

Masih kata dr Lesty Nurainy mengatakan, pemberian vaksin ini akan sangat bermanfaat hingga setelah memiliki keturunan. Virus Rubella bahkan menyerang syaraf pada tubuh manusia hingga menyebabkan kelainan atau cacat.

"Virus Rubella ini menular lewat batuk dan bersin. Kita mungkin tidak tahu kalau orang tersebut pembawa atau penderita. Kemudian baru kita rasakan efeknya," katanya.

Dia mengatakan, pembawa virus Rubella yang sedang hamil, virus akan menjangkiti keturunannya sejak dari usia kehamilan trisemester pertama. Sehingga diharapkan pula pasangan muda calon pengantin sebelum menikah untuk memeriksakan kesehatan agar bisa mendeteksi adanya Rubella, Tokso dan lainnya.

"Akibat dari terkenanya virus Rubella ini diantaranya cacat, tuli, radang otak, kepala kecil, katarak, jantung," katanya.

Dengan demikian, penting dilakukannya imunisasi Measles dan Rubella. Dari target 2,3 juta anak di Sumsel saat ini baru 47 persen. "Penderita Rubella di Sumsel sudah ada ratusan. Maka kami harapkan tercapai target imunisasi setidaknya 95 persen," ujarnya. (nda/elm)

Editor: Vanda Rosetiati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help