Berita CPNS

Alur Pendaftaran CPNS 2018 : Tips Saat Mendaftar, Lakukan Hal ini jika Sering Gagal Login

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka mulai, Rabu (26/9). Untuk mendaftar CPNS maka pelamar perlu mengetahui sejumlah persyaratannya.

Alur Pendaftaran CPNS 2018 : Tips Saat Mendaftar, Lakukan Hal ini jika Sering Gagal Login
Alur Pendaftaran CPNS 2018 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

 TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dibuka mulai, Rabu (26/9). Untuk mendaftar CPNS maka pelamar perlu mengetahui sejumlah persyaratannya.

Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional VII BKN Sumsel, M Andri Hafif mengatakan, bahwa sebelum mendaftar ke instasi yang dituju, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran.

Sesuai dengan buku petunjuk dari BKN maka dokumen yang perlu disiapkan sebelum mendaftar yaitu, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), ijazah, transkrip nilai, pas foto, dokumen lain sesuai instansi yang dilamar.

Baca: Update CPNS Sumsel : Panduan Lengkap Cara Pendaftaran CPNS 2018 di Situs Sscn.bkn.go.id

Tata cara pendaftaran, buka akun di portal https://sscn.bkn.go.id. Untuk pendaftaran pilih menu registrasi lalu isi NIK, Nomor KK atau NIK Kepala Keluarga dan isi kode captcha yang terlampir.

Setelah data di atas dimasukan klik lanjut untuk proses selanjutnya. Pada proses ini, pelamar mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari nama sesuai ijazah tanpa gelar, tempat dan tanggal lahir. Pastikan data yang diisi benar.

Setelah itu upload foto dengan latar belakang merah dalam format jpg minimal 120 kb maksimal 200kb. Kemudian isi alamt email yang aktif, password dan pertanyaan pengaman. Lalu masukan captcha yang tertera di layar dan klik daftar.

Baca: Honorer K2 Pagaralam Curhat, Sudah 3 Walikota Belum Juga Diangkat CPNS, Mau Tes Usia Lewat Batas

Kemudian di halaman pemberitahuan bahwa pendaftar ke portal SSCN 2018 berhasil dan klik cetak informasi pendaftaran untuk mencetak kartu informasi akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil mendaftar di portal SSCN 2018.

Lalu pelamar login ke portal SSCN (https://sscn.bkn.go.id) dengan klik tombol login yang tertera disudut kanan atas. Kemudian masukan NIK dan password yang telah didaftarkan. Lalu akan tampil halaman form biodata peserta.
Setelah itu pelamar mengupload foto selfie dengan memperlihatkan KTP dan kartu informasi akun, untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya, kemudian klik simpan.

Sebagai bukti telah melakukan pendaftaran maka pelamar harus mengisi dan melengkapi biodata seperti alamat domisili, provinsi, kabupaten/kota, nomor telephone, tinggi badan, status perkawinan, nomor hendphone, agama dan simpan.

Baca: Update Pendaftaran CPNS Lubuklinggau : Forum Guru Honorer K2 Minta CPNS Ditunda, Ini Sebabnya

Halaman
12
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved