Pemilu 2019

Dua Mantan Koruptor di Pagaralam, Satu Caleg Wanita DPD RI asal Sumsel Ikut Pileg 2019

Dua mantan narapidana kasus korupsi (Napikor) dinyatakan lolos dan masuk dalam bursa calon legislatif (Caleg) di kota Pagaralam

Dua Mantan Koruptor di Pagaralam, Satu Caleg Wanita DPD RI asal Sumsel Ikut Pileg 2019
Kompasiana
Ilustrasi caleg koruptor 

TRIBUNSUMSEL.COM - Dua mantan narapidana kasus korupsi (Napikor) dinyatakan lolos dan masuk dalam bursa calon legislatif (Caleg) di kota Pagaralam, setelah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pusat dan Mahkamah Agung (MA) memutuskan bahwa larangan mantan narapidana kasus korupsi menjadi caleg dalam PKPU No 20 tahun 2018 bertentangan dengan Undang-undang Pemilu.

Baca: Nikita Mirzani Bongka Rahasia Pernikahan Angel Vicky Prasetyo: Awalnya Memang Settingan, Tapi . . .

Adapun kedua napikor tersebut yakni Zulfikri yang maju dari Partai Perindo untuk Derah Pemilihan (Dapil) 2 Kota Pagaralam dan Jones Khan, caleg dari partai Demokrat yang maju sebagai caleg Dapil 1 kota Pagaralam.

Ketua Bawaslu Sumsel, Junaidi mengatakan keputusan dimajukannya dua caleg tersebut dapat maju sebagai calon wakil rakyat, setelah sebelumnya Bawaslu setempat mendapatkan surat putusan dari MA sehingga keduanya masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT).

Baca: Penasaran Gaya Jurus Bangau Milik Sandiaga Uno, Ternyata ini Artinya

“Bawaslu Pagaralam sudah menerima keputusan dan mengabulkan permohonanan kepada mereka dan masuk dalam Daftar Calon Tetap (DCT), Senin (17/9/2018), dilansir dari Sripoku.com.

Lucianty Pahri resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai calon anggota DPD RI periode 2019-2024 dari daerah pemilihan (Dapil) Sumsel.

Penetapan oleh KPU RI ini, setelah mindaklanjuti putusan Mahkamah Agung (MA), yang mengabulkan uji materi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 14 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPD RI.

Ketua Tim Pemenangan Lucianty Pahri, Ardiansyah, tidak mempersoalkan soal nomor urut yang diberikan KPU RI kepada Lucianty yaitu nomor 41.

Editor: Siemen Martin
Sumber: Sriwijaya Post
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved