Cegah Kanker Payudara, Bisa Periksa Palpasi Payudara Gratis Pakai BPJS Kesehatan di Klinik Pramitha

Meskipun efektivitas pemeriksaannya di usia 20 tahun, namun tidak menutup kemungkinan sudah terjadi sesuatu diusia sebelum itu

Cegah Kanker Payudara, Bisa Periksa Palpasi Payudara Gratis Pakai BPJS Kesehatan di Klinik Pramitha
Tribun Sumsel/ Shinta Dwi Anggraini
Tribun Sumsel dan Klinik Pramitha Palembang kembali mengadakan penyuluhan Edukasi Kesehatan Wanita Dikalangan Generasi Milenial di SMA N 17 Palembang, Jumat (21/9/2018). 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG -Tribun Sumsel dan Klinik Pramitha Palembang kembali mengadakan penyuluhan edukasi kesehatan wanita dikalangan generasi milenial di SMA Negerri 17 Palembang, Jumat (21/9/2018).

Kegiatan ini mengusung dua tema sekaligus yaitu kanker Payudara dan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PBHS). Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 400 siswi, dengan pengisi acara dr Riana Afriani Setyawati.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan edukasi bagi generasi milenial khususnya kesehatan perempuan dalam hal kesehatan payudara dan perilaku hidup bersih dan sehat," jelas Dr Riani yang ditemui usai acara berlangsung.

Dimulai dari kanker payudara, dr Riani memberikan penjelasan mulai dari definisi, faktor risiko, hingga gejala klinis dari penyakit paling berbahaya nomor 2 setelah kanker serviks itu.

Baca: Syarat CPNS 2018-Nomor NIK KK dan KTP Tidak Sesuai, Disdukcapil Prabumulih Siapkan Petugas Khusus

Baca: Hasil Piala Asia Indonesia U-16 vs Iran U-16, Gol Cepat Bagus Kahfi Bawa Indonesia Unggul

Selain itu diberikan pula langkah-langkah serta waktu melakukan sadari atau periksa payudara sendiri.

"Sadari sebaiknya dilakukan pada hari 10, terhitung mulai dari hari pertama haid dan pemeriksaannya dilakukan setiap bulan sejak usia 20 tahun ke atas," papar Dr Riani.

Meskipun efektivitas pemeriksaannya di usia 20 tahun, namun tidak menutup kemungkinan sudah terjadi sesuatu diusia sebelum itu.

Baca: Aksi Baim Wong Hebohkan Stasiun Kereta Api, Kenakan Kostum Power Ranger Tapi Lihat Alas Kakinya

Baca: Umroh Gratis Untuk Ustad dan Ustadzah di Pagaralam Supaya Semakin Semangat Mengajarkan Baca Alquran

"Maka dari itu kita beritahukan faktor dan ciri-ciri kanker payudara serta cara periksa sendiri kesehatan payudaranya," ujarnya.

dr Riani mengatakan, Klinik Pramita saat ini bekerjasama dengan BPJS, memberikan pemeriksaan Palpasi Payudara Gratis.

"Cukup hanya dengan menunjukan foto copy kartu BPJS Kesehatan Faskes Palembang serta KTP sudah dapat melakukan pemeriksaan gratis, dan tentunya dengan beberapa ketentuan kesehatan yang akan diuji sebelumnya," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Shinta Dwi Anggraini
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved