Berita Palembang

Jembatan Musi IV Ditargetkan Sebelum Asian Games Selesai, Kini Molor, Alasannya Pembebasan Lahan

Untuk jembatan Musi IV masih terkendala lahan untuk akses pendekat, sedangkan untuk jembatan Musi VI masih banyak lahan yang belum selesai dibebaskan

Jembatan Musi IV Ditargetkan Sebelum Asian Games Selesai, Kini Molor, Alasannya Pembebasan Lahan
TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Suasanan pembangunan jembatan Musi IV di Palembang, Sumatera Selatan. Rencana penggunaan Jembatan Musi IV untuk melancarkan arus lalu lintas selama pelaksanaan Asian Games 2018 tersebut dibatalkan karena belum selesainya jembatan tersebut. Foto diambil beberapa hari lalu 

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Linda Trisnawati

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Hingga kini Jembatan Musi IV maupun Jembatan Musi VI masih terkendala pembebasan lahan.

Baca: 5 Fakta TP, Sosok Pria Berkacamata yang Foto Bareng Lina Hingga Rela Pisah dengan Sule

Untuk jembatan Musi IV masih terkendala lahan untuk akses pendekat, sedangkan untuk jembatan Musi VI masih banyak lahan yang belum selesai dibebaskan sehingga pengerjaannya masih butuh proses panjang.

Baca: Jenderal Gatot : Berita Saya bergabung ke PAN atau Gabung Timses Prabowo-Sandi itu HOAX

"Untuk Musi IV lahan yang belum selesai dibebaskan tinggal lahan untuk akses pendekatnya saja. Lahan yang harus dibebaskan untuk jalan akses pendekat sekitar 873 meter," ujar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi IV, Suwarno saat dikonfirmasi, Jumat (14/9/2018).

Baca: Dikabarkan Menjadi Investor Sriwijaya FC, Erick Thohir Malah Curhat

Lebih lanjut ia menjelaskan, seharusnya jembatan ini akses pendekatnya sampai Jalan Ahmad Yani.

Baca: Kunci Sukes Jack Ma, Usia 30-40 tahun, Mulai Atur Stabilitas Keuangan dan Pertimbangkan Menikah

Namun karena lahan untuk pembangunan akses pendekatnya belum bebas, maka nantinya jembatan Musi IV ini bakal dibuka tanpa akses pendekat yaitu sampai Jalan Azhari.

"Lahan yang belum dibebaskan itu ada 135 persil, namun info terakhir sudah ada 22 persil yang sudah dibebaskan. Artinya masih ada sisa 113 persil lagi yang harus dibebaskan. Untuk itu pembangunan jalan akses pendekat ini belum bisa dikerjakan tahun ini," bebernya.

Menurut Suwarno, akses pendekat tersebut jika lahan sudah dibebaskan ditargetkan paling cepat akan dibangun 2019 dan paling lambat 2020. Meingingat untuk membuat akses pendekat ini juga butuh waktu berbulan-bulan.

Sementara itu untuk progres pembangunan Jembatan Musi IV sudah mencapai 92 persen.

Dikutip dari Sripoku.com, Mega proyek jembatan Musi IV Palembang saat ini tengah memasuki progres 81,78 persen. Infrastruktur penunjang Asian Games tersebut dipastikan bakal selesai diekerjakan 45 hari lagi atau tepatnya pada akhir bulan Juli 2018.

Halaman
12
Penulis: Linda Trisnawati
Editor: Siemen Martin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved