Terdampak Pelemahan Rupiah, Warga Palembang Mendadak Batalkan Perjalanan Wisata ke Eropa

Dikatakannya jumlah pemesan paket yang melakukan pembatalan memang tidak banyak namun diakuinya hal tersebut terjadi secara mendadak

Terdampak Pelemahan Rupiah, Warga Palembang Mendadak Batalkan Perjalanan Wisata ke Eropa
Tribunsumsel.com/Hartati
Carmeta Travel Fair yang dilaksanakan di Atrium Palembang Indah Mall, Jumat (2/2/2018) ramai dikunjungi masyarakat yang ingin berlibur dan menikmati promo wisata menarik ke sejumlah negara 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG-Meroketnya nilai tukar dolar AS terhadap mata uang rupiah juga berimbas pada usaha perjalanan wisata dan penjualan tiket pesawat terbang di Palembang.

General Manager Carmeta Tour and Travel Fair Heri Tihadius mengatakan tercatat telah ada pembatalan sejumlah paket wisata ke negara tujuan di wilayah benua Eropa sekitar 15 persen.

"Pembatalan paket wisata tersebut untuk perjalanan pada bulan Oktober yang perhitungannya dengan dolar AS tapi pembayaran atau pelunasan paket menggunakan rupiah," ujarnya melalui sambungan telepon, Rabu sore (12/09).

Baca: Panglima TNI Perintahkan Tarik 200 Prajurit Kostrad Bertugas di Pemadaman Kebakaran Lahan Sumsel

Baca: Hasil Japan Open 2018-Kevin Sanjaya/Marcus Gideon ke Perempat Final Usai Singkirkan Rekan Senegara

Dikatakannya jumlah pemesan paket yang melakukan pembatalan memang tidak banyak namun diakuinya hal tersebut terjadi secara mendadak saat terjadi pelemahan rupiah.

"Dari setiap paket wisata yang kami tawarkan memang hanya berkisar dua sampai tiga orang yang membatalkan paket akan tetapi memang lumayan cukup berpengaruh karena pembatalan juga secara tiba-tiba saat dolar naik," jelasnya.

Sementara untuk paket wisata lokal maupun Asia tidak terpengaruh depresiasi rupiah yang bahkan sempat menyentuh level Rp15.000 per satu dolar AS.

Baca: Jadwal Formula 1 Seri ke-15 Sirkuit Jalan Raya Marina Bay, Singapura, Persaingan Hamilton dan Vettel

Baca: Anak Usia 6-12 Tahun di Lubuklinggau Ikuti Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)

Beberapa negara Asia seperti Thailand, Jepang dan Korea Selatan masih menjadi pilihan favorit bagi warga metropolis untuk berlibur.

"Paket wisata dalam negeri dan Asia masih normal dan tidak ada perubahan harga ataupun pembatalan jadwal untuk saat ini. Paket wisata Asia juga masih tinggi peminatnya," kata Heri.

Menurutnya, meski paket perjalanan dalam negeri dan tiket pesawat tidak terdampak oleh bergolaknya nilai tukar rupiah, namun di sisi lain tetap tergerus dengan kehadiran aplikasi daring penyedia jasa tiket penerbangan dan hotel yang menawarkan harga promo gila-gilaan.

"Sebagai jasa tour and travel konvensional kami harus bersaing perusahaan penyedia jasa booking tiket pesawat dan hotel yang kini tengah marak. Kabar baiknya untuk di Kota Palembang sendiri persaingan belum tertalu ketat." tutupnya. (mg3)

Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved