Nilai Tukar Rupiah Tertekan, Harga Paket Umroh Pada Biro Jasa di Palembang Naik Rp 1 Juta

Travel umroh di Palembang mulai merasakan dampak melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Pasalnya harga ditetapkan menyesuaikan kurs dolar

Nilai Tukar Rupiah Tertekan, Harga Paket Umroh Pada Biro Jasa di Palembang Naik Rp 1 Juta
kabah makkah 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG - Melambungnya harga dolar terhadap nilai rupiah dalam seminggu ini juga berimbas terhadap nilai jual paket bepergian biro jasa tour and travel umrah dan haji di Palembang.

Dua biro jasa tour and travel umrah dan haji di Palembang seperti Zafa Tour yang berlokasi di Jalan Angkatan 45 Palembang dan Baitussalam Travel Umrah yang berlokasi di Jakabring Palembang, merasakan dampak mahalnya harga dolar yang menekan nilai rupiah. Pasalnya harga paket yang ditetapkan menyesuaikan kurs dolar.

Taufik, Kepala Cabang Zafa Tour Umrah dan Haji, mengatakan pihaknya kini terpaksa harus mengencangkan ikat pinggang karena harus menelan sedikit kerugian dari profit yang sedikit berkurang.

Baca: Malam Satu Suro Bertepatan dengan 1 Muharram Tahun Baru Islam, Ini Amalan yang Disarankan

Baca: Warga Senang, Pengedar Ekstasi dan Sabu-sabu Antar Desa Dibekuk Polres OKI

Baca: Tiga PNS Ini Dipenjara karena Pungli, Tapi Tetap Menerima Gaji dan Tak Dipecat

Harga paket umrah ditentukan sejak nilai kurs rupiah di level 13.000 per dolarnya, pihaknya menerapkan asumsi harga paket umrah di level rupiah 14.500 per dollar.

Namun nyatanya pergerakan nilai dollar menguat dengan pesat hingga menduduki angka 15.000 rupiah. Sehingga pihaknya kini tak berdaya dan hanya bisa menunggu kurs dollar kembali stabil.

Harga paket umrah kini senilai 22 juta rupiah hingga 24 juta rupiah, itupun hanya sedikit sekali profit yang didapat bahkan berkurang sebesar Rp 500.000 sejak situasi rupiah kian melemah.

"Pasti ada pengaruhnya, dari harga yang kami pasang di brosur-brosur ini kita kemaren asumsinya Rp 14.500, tapi ternyata tiba tiba sudah nembus 15.000 nah artinya dari harga yang kita tentukan tadi itu dampaknya margin kita berkurang 500, jadi ya dengan kondisi ini kita liatlah rupiah melemah terus", ungkapnya.

Baca: Ari Lasso Datang ke Palembang Langsung Berburu Pempek, Jenis Lenggang Paling Disuka

Baca: Rupiah Melemah Bagaimana Ongkos Umroh? Travel Al Bilad Pastikan Tanpa Perubahan Harga, Alasannya Ini

Begitu juga yang dirasakan Biro jasa umrah Baitussalam Travel. Selfie selaku pengelola mengatakan ada perubahan harga yang mengalami sedikit kenaikan, meskipun tidak signifikan.

Harga paket umrah yang ia tawarkan dari harga 24 juta rupiah kini naik menjadi 25 juta rupiah. Pihaknya hanya dapat menyikapi situasi dengan mengimbangi harga yang sudah ditentukan dan terus memberikan informasi terbaru kepada para calon jemaahnya.

"Yang dirasakan ya harganya pada naik. Kami mengimbangi dan menyikapi situasi ini karena adanya kenaikan terus dan kami juga kasih info kecalon jamaah.. Alhamdullillah semua mengerti."

"Tanggapan jamaah ya agak kaget tapi setelah kita jelasin ke calon jamaah mereka bisa mengerti dalam situasi dan kondisi skrng ini yang penting kita infokan ke calon jamaah", ujar Selfie. 

Penulis: Euis Ratna Sari
Editor: Wawan Perdana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved