Perankan Wiro Sableng, Sosok Religius Vino G Bastian Muncul Saat Ungkap Makna 212 Bagi Dirinya

Sejak diluncurkan pada 28 Juli lalu, film gala komedi “Wiro Sableng” telah banyak menarik animo masyarakat pecinta film Indonesia.

Perankan Wiro Sableng, Sosok Religius Vino G Bastian Muncul Saat Ungkap Makna 212 Bagi Dirinya
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Dari kiri ke kanan pemain film Wiro Sableng 212 Fariz Alfarizi, Sherina Munaf dan Vino Bastian berfoto saat berkunjung ke redaksi Tribunnews.com di Palmerah, Jakarta, Kamis (23/8/2018). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Sejak diluncurkan pada 28 Juli lalu, film gala komedi  “Wiro Sableng” telah banyak menarik animo masyarakat pecinta film Indonesia.

Selain karena aksi pendekar berpakaian serba putih dari ikon utama film “Wiro Sableng”, hal yang paling diingat penonton dari film ini ialah kapak 212 yang merupakan senjata khas Wiro Sableng.

Lalu apa makna angka “212” tersebut?

Baca: Pekerja Survei Muak Terhadap Politisi, Fadli Zon : Eneg Nggak dengan Impor Beras dan Gula?

Menurut, Vino Bastian selaku pemeran Wiro Sableng, tidak ada makna khusus pada angka yang belakangan terkenal karena aksi massa ormas Islam dua tahun lalu itu.

“Kalau 212-nya Wiro Sableng dikaitkan dengan aksi 212, saya gak bisa komen. Hahaha,” kata Vino saat berkunjung ke Graha Tribun, Kamis (6/9/2018).

Vino Bastian sebagai putra dari Bastian Tito, penulis Novel Wiro Sableng hanya melihat angka 212 sebagai angka universal yang bisa digunakan siapa saja.

Baca: Kisah Hidup Ahok Jadi Film Layar Lebar, Inilah Artis Pemeran Sosok Veronica Tan Nantinya

 “Bicara angka 212, saya pernah pakai kaos, tulisannya ‘rojiro’ (loro siji loro, dua satu dua dalam bahasa Jawa). Ya saya mengenalkan branding pada orang, (rojiro) mudah dilafalkan dan diingat. Ini salah satu cara mengenalkan film kita (Wiro Sableng),” paparnya.

“Lagian juga bagi saya, angka 212 bukan Cuma milik kelompok tertentu, bukan Cuma milik Bastan Tito (sebagai penulis novel Wiro Sableng). Ini (angka 212) milik semua,” imbuhnya

Bahkan pria bernama lengkap Vino Giovani Bastian ini menganggap angka 212 dapat dimaknai secara spiritual menurut agama dan kepercayaan masing-masing orang.

Baca: Detik-detik Ali Ngabalin Tutup Kuping saat Debat dengan Zainal Arifin Mochtar soal Makar

“Bisa aja (makna angka 212) misalnya, 2 tambah 1 tambah 2 sama dengan 5. Kalau saya sebagai orang Islam, rukun Islam kan ada 5,” kata Vino bijak.

Halaman
12
Penulis: Agung Dwipayana
Editor: M. Syah Beni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help